Ini 13 Efek Samping Cuci Darah

Kamis, 26 Agustus 2021 - 06:35 WIB
loading...
Ini 13 Efek Samping Cuci Darah
Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Cuci darah atau lebih dikenal dengan istilah hemodialisa adalah salah satu pengobatan yang dikhususkan bagi penderita gagal ginjal kronik. Proses cuci darah ini dilakukan oleh mesin yang menyaring limbah berupa garam dan cairan dari darah karena ginjal tidak lagi mampu dalam melakukan pekerjaannya dengan baik.

Meski cuci darah bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga pasien gagal ginjal supaya tetap bugar, namun metode ini juga bisa menyebabkan efek samping yang serius. Oleh sebab itu, metode cuci darah ini harus disokong dengan perawatan kesehatan serta bantuan dari dokter spesialis ginjal yang memiliki pengalaman dalam dunia hemodialisa.



Merangkum dari laman Mayo Clinic, Rabu (25/8), berikut sejumlah risiko maupun efek samping yang mungkin saja timbul jika melakukan cuci darah. Yuk disimak.

1. Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Penurunan tekanan darah adalah efek samping yang umum dari cuci darah. Tekanan darah rendah dapat disertai dengan sesak napas, kram perut, kram otot, mual atau muntah.

2. Kram Otot

Kram otot selama hemodialisis sering terjadi. Menyesuaikan asupan cairan dan natrium sebelum melakukan cuci darah juga dapat membantu mencegah gejala selama proses berlangsung.

3. Gatal

Banyak orang yang menjalani cuci darah merasa gatal pada kulit. Kondisi ini sering kali memburuk selama atau setelah prosedur cuci darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)