Minum Susu Sebulan Penuh Tak Bisa Bersihkan Paru-Paru

Kamis, 26 Agustus 2021 - 23:06 WIB
loading...
Minum Susu Sebulan Penuh Tak Bisa Bersihkan Paru-Paru
Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepercayaan minum susu sebelum tes thorax paru-paru masih terus ada di tengah masyarakat. Konsumsi susu dipercaya dapat membersihkan paru-paru sehingga hasil thorax terlihat baik-baik saja.

Padahal, kepercayaan ini sangat sesat. Tidak bisa konsumsi susu langsung membuat paru-paru bersih seketika.



"Jadi, jika masih ada yang percaya minum susu sebulan berharap foto thorax normal atau bersih, itu keliru sekali," tegas Dokter Spesialis Patologi Anatomi dr Evlina Suzanna Sinuraya, Sp.PA, dalam webinar Hari Kanker Paru Sedunia 2021, Kamis (26/8).

Dokter Elvina menegaskan sekali lagi bahwa tidak ada hubungannya minum susu sebulan full bahkan dengan upaya pembersihan paru-paru. Jadi, untuk Anda yang masih merokok aktif, cara ini tidak dapat mengelabui hasil laboratorium.

Kerusakan akibat rokok bukan hanya terjadi di paru-paru, melainkan sampai ke DNA. Sehingga, tidak bisa hanya minum susu paru-paru bisa bersih seutuhnya.



"Untuk bisa membebaskan perokok dari kerusakan paru-paru, dibutuhkan waktu selama 30 tahun dengan terapi sedemikian rupa," papar dr Elvina.

"Jika Anda perokok, risiko penyakit seperti kanker paru sangat nyata adanya. Bahkan, jika aktif merokok, risikonya naik berkali-kali lipat dan proses kerusakan DNA-nya pun akan terus berjalan seiring waktu," pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)