Gejala Covid-19 Mirip DBD dan Malaria, Ini Bedanya

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 09:55 WIB
loading...
Gejala Covid-19 Mirip DBD dan Malaria, Ini Bedanya
Gejala Covid-19 Mirip DBD dan Malaria, Ini Bedanya. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Gejala Covid-19 mirip seperti demam berdarah dengue (DBD) dan malaria . Akibatnya banyak orang bingung membedakannya, terlebih gejalanya tumpang tindih dan kasus koinfeksi.

Covid-19 adalah penyakit pernapasan yang menyebar melalui tetesan terinfeksi yang membawa virus corona , demam berdarah dan malaria adalah penyakit tropis yang muncul selama perubahan musim dan disebabkan oleh nyamuk yang terinfeksi.

Sementara demam berdarah menyebar melalui gigitan nyamuk aedes, malaria ditularkan melalui parasit yang disebut plasmodium. Penyakit ini menyebar melalui gigitan nyamuk anopheles betina.

Meskipun demam berdarah dan malaria adalah penyakit yang ditularkan melalui vektor dan wabah menyebar secara sporadis, kehadiran aktif Covid-19 dapat memungkinkan ketiga infeksi menyebar secara bersamaan dan memicu kekhawatiran.

Meskipun penyakitnya berbeda, demam berdarah, malaria, dan Covid-19 semuanya disebabkan oleh virus dan dapat menginfeksi tubuh, menyebabkan banyak gejala, yang terutama bersifat pernapasan dan menyebabkan peradangan sehingga menimbulkan banyak kebingungan.


Dilansir dari Times of India, Jumat (27/8) demam berdarah yang dapat disebabkan oleh empat jenis nyamuk pembawa virus dapat menyebabkan gejala seperti demam sangat tinggi, sakit kepala parah, nyeri sendi dan otot dan pada saat yang sama, menimbulkan gejala gastrointestinal seperti mual, sakit perut dan diare.

Malaria, di sisi lain, yang disebabkan oleh parasit plasmodium menyebabkan gejala yang parah seperti demam yang melemahkan disertai dengan menggigil, mialgia yang hebat, sakit kepala, kelelahan, berkeringat dan terkadang kejang (dalam kasus yang jarang terjadi).

Sedangkan Covid-19 dapat menyebabkan sejumlah gejala, yang dapat menyerang orang secara berbeda. Baik itu infeksi ringan, sedang atau berat, beberapa ciri umum adalah demam yang meningkat, kedinginan, batuk, pilek, sakit tenggorokan, kesulitan bernapas, sakit kepala, mialgia, kelelahan dan kelemahan yang hebat.

Gejala tersebut semuanya dapat menyertai demam berdarah dan malaria dengan cara yang berbeda. Munculnya gejala-gejala seperti itu dapat mempersulit seseorang untuk memastikan penyakit apa yang mungkin menjadi perhatian, tanpa diagnosis yang tepat.

Meskipun melakukan tes adalah satu-satunya cara untuk membuktikan, ada beberapa perbedaan kecil yang mencolok antara ketiga penyakit tersebut. Di antaranya hilangnya indra penciuman dan perasa pada Covid-19, saluran pernapasan bagian atas dan tanda-tanda peradangan seperti batuk, perubahan suara, iritasi tenggorokan yang tidak muncul pada demam berdarah dan malaria.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3048 seconds (0.1#10.140)