Bahaya Badai Sitokin Bisa Sebabkan Peradangan hingga Kematian

Selasa, 31 Agustus 2021 - 16:57 WIB
loading...
Bahaya Badai Sitokin Bisa Sebabkan Peradangan hingga Kematian
Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bahaya badai sitokin bisa menyebabkan peradangan hingga berujung pada kematian. Badai sitokin terjadi ketika tubuh melepaskan terlalu banyak sitokin ke dalam darah dengan cepat. Hal ini membuat sel imun menyerang jaringan serta sel tubuh yang sehat.

Mengutip Jurnal Kesehatan Universitas Nurtanio Bandung oleh Budi Mulyati pada Mei 2020 bertajuk Potensi Herbal Dalam Pencegahan dan Penanganan Pasien Covid-19, Selasa (31/8) sitokin beraksi di luar kendali sehingga paru-paru mengalami peradangan karena sistem kekebalan tubuh berusaha untuk membunuh virus .


Ketika peradangan terjadi, sel imun juga melepas molekul bersifat racun bagi virus dan paru-paru. Apabila tidak ditangani dengan tepat akan berakibat fatal. Di mana fungsi paru-paru akan menurun sehingga kesulitan bernapas.

Jika pasien selamat dari badai sitokin, sistem kekebalan yang dideregulasi dapat menyebabkan apa yang umumnya dikenal sebagai long Covid-19 . Badai sitokin perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan peradangan parah, merusak organ dan jaringan hingga menyebabkan kematian.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)