5 Sayuran Ini Sahabat Terbaik Penderita Diabetes

Rabu, 01 September 2021 - 15:35 WIB
loading...
5 Sayuran Ini Sahabat Terbaik Penderita Diabetes
Foto Ilustrasi/Ndtv.com
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes sangat memperhatikan asupan makanan setiap hari. Mereka disarankan untuk mengurangi konsumsi gula karena dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

Tapi, gula tetap dibutuhkan penderita diabetes untuk menyeimbangkan kesehatan. Catatan penting yang harus dipahami adalah memastikan kadar konsumsi gula harian terjaga baik dan sesuai dengan anjuran dokter.



Adanya aturan ketat seperti itu membuat penderita diabetes memiliki beberapa pantangan dalam segi apa yang akan mereka makan dan minum. Meski begitu, tidak kemudian membuat hidup penderita diabetes akan susah karena banyaknya larangan.

Ya, masih ada beberapa sayuran yang boleh dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan gula di dalamnya rendah dan ini memberi manfaat baik sebagai penurun gula darah.

Mengutip laman Healthline, Rabu (1/9), berdasar review dari Dokter Grant Tinsley, berikut beberapa sayuran yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan sangat bisa dikonsumsi penderita diabetes dengan takaran yang tidak berlebihan.

1. Brokoli

Brokoli yang dicincang menghasilkan zat aktif bernama sulforaphane yang memiliki sifat penurun gula darah. Tak hanya dicincang, brokoli yang dikunyah pun mengeluarkan zat aktif tersebut.

"Studi mengungkapkan bahwa ekstrak brokoli kaya akan sulforaphane yang memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah, serta penanda stres oksidatif," terang laporan tersebut.

2. Labu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)