Diabetes Tipe 2, 3 Tanda Serius yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 02 September 2021 - 05:25 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, 3 Tanda Serius yang Perlu Diwaspadai
Diabetes Tipe 2, 3 Tanda Serius yang Perlu Diwaspadai. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Terdapat tanda serius diabetes tipe 2 yang perlu diwaspadai. Para ahli memperingatkan tiga tanda ini tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang besar.

Adapun tanda serius tersebut berupa kerusakan saraf. Dilansir dari Express, Kamis (2/9) kondisi ini biasanya dimulai di tangan dan kaki. Namun juga dapat mempengaruhi perut, usus, kandung kemih, alat kelamin, jantung, dan bagian tubuh lainnya.

Jika Anda mengalami salah satu dari kesemutan, nyeri, atau mati rasa di tangan atau kaki, masalah perut seperti mual muntah, atau diare, infeksi kandung kemih atau kesulitan mengosongkan kandung kemih, masalah ereksi dan pusing segera kunjungi dokter.


Masalah kulit juga menjadi tanda diabetes yang perlu diwaspadai. Masalah kulit seperti infeksi jamur adalah peringatan bahwa gula darah terlalu tinggi. Kondisi ini ditandai dengan gatal pada lipatan kulit yang lembab, seperti di bawah payudara, di antara jari tangan dan kaki, atau ketiak, gatal, nyeri, atau keluarnya cairan di vagina.

Sedangkan untuk pria yang tidak disunat, gatal di bawah kulup. Tanda serius lainnya adalah kerusakan mata seperti penglihatan kabur, kesulitan membaca, lihat cincin di sekitar lampu atau bintik gelap, sangat sensitif terhadap sinar matahari dan cahaya terang lainnya.

Selain itu, kondisi tersebut biasanya juga ditandai dengan tidak bisa melihat dengan baik di malam hari. Namun, kerusakan mata tidak selalu menimbulkan gejala, bahkan jika sudah lanjut. Jadi, penting untuk menemui dokter mata setidaknya setahun sekali untuk pemeriksaan menyeluruh.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)