Diabetes Tipe 2, Ide Sarapan Terbaik untuk Turunkan Gula Darah

Jum'at, 03 September 2021 - 07:40 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Ide Sarapan Terbaik untuk Turunkan Gula Darah
Diabetes Tipe 2, Ide Sarapan Terbaik untuk Turunkan Gula Darah. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Sarapan tertentu bisa menjadi ide terbaik untuk menurunkan gula darah penderita diabetes tipe 2. Tidak makan makanan yang tepat, terutama di pagi hari, dapat berdampak buruk pada kadar gula darah .

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Health National Institutes of Medicine, asupan sarapan di antara orang dewasa dengan diabetes tipe 2 dianalisis.

Studi cross-sectional melihat asupan energi harian dari recall diet 24 jam. Beberapa model digunakan untuk membantu memperkirakan hubungan antara asupan energi harian dan kuartil asupan energi saat sarapan.

Studi ini menemukan bahwa dengan mengkonsumsi jenis sarapan yang tepat terdiri dari proporsi yang lebih besar dari asupan energi harian yang dikaitkan dengan total asupan energi harian yang lebih rendah pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.


Dilansir dari Express, Jumat (3/9) dua alasan umum untuk kelelahan atau kurang energi adalah akibat langsung dari kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Dalam kedua kasus, kelelahan adalah hasil dari ketidakseimbangan antara kadar gula darah seseorang dan jumlah atau efektivitas insulin yang bersirkulasi. Banyak orang dengan diabetes tipe 2 mengeluhkan merasa lelah atau lesu.

Ini karena kelelahan adalah gejala utama diabetes tipe 2 tetapi juga tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi. Dengan sarapan pagi menjadi bagian integral dalam menyediakan energi, pasien diabetes dianjurkan mengkonsumsi smoothie, havermut, telur, sereal sehat, yogurt dan buah.

Sarapan ramah diabetes adalah sarapan yang mencakup kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak sehat dalam proporsi yang tepat, yang membantu menyeimbangkan gula darah. Sarapan sederhana ramah diabetes mencakup sepiring telur dan alpukat di atas roti gandum atau semangkuk buah dan yoghurt.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4302 seconds (0.1#10.140)