Kasus Covid-19 Turun, Masyarakat Diminta Tetap Jaga Daya Tahan Tubuh

Jum'at, 03 September 2021 - 16:46 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Turun, Masyarakat Diminta Tetap Jaga Daya Tahan Tubuh
Kasus Covid-19 Turun, Masyarakat Diminta Tetap Jaga Daya Tahan Tubuh. Foto/Alley Girl.
A A A
JAKARTA - Angka kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan secara signifikan. Meski demikian, masyarakat diminta tetap menjaga daya tahan tubuh selama pandemi Covid-19 .

Pasalnya, virus telah bermutasi dan bisa cepat menular. Salah satu cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak tertular virus corona adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr Arti Indira Mgizi, Sp.GK FINEM mengatakan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 dengan cara menjaga asupan nutrisi serta hidrasi yang cukup.

Selain itu, penting juga untuk diet seimbang, mengonsumsi makanan segar atau bukan makanan olahan, mengurangi gula, lemak dan garam serta minum cukup banyak air.


“Buah-buahan, sayuran, kacang- kacangan, biji-bijian, daging, telur, ikan, dan susu sangat direkomendasikan. Selain itu nutrisi optimal yang dianjurkan oleh para ahli mencakup berbagai makro dan mikronutrien juga beragam vitamin dan mineral,” kata dr Indira dalam saat jumpa pers bersama Fresenius Kabi, Kamis (2/9).

Untuk masa pemulihan, penting juga mengkonsumsi tiga komponen nutrisi yaitu EPA atau asam lemak omega 3 yang bersifat immunostimultant untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, protein untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak dan menguatkan otot-otot hingga memberikan kekuatan tubuh dan kelengkapan vitamin D.

“Konsumis ONS (Oral Nutritional Supplement) juga dapat menjadi alternatif pemenuhan nutrisi yang optimal apabila kita memiliki mobilitas cukup sering di luar rumah," jelas dr Indira.

"Terutama ONS yang kaya akan kandungan nutrisi protein, EPA, vitamin D serta vitamin dan mineral lainnya, juga yang mudah dikonsumsi atau bentuknya read y-to-drink, sehingga kebutuhan akan nutrisi optimal dapat dipenuhi dengan carayang lebih praktis, ” sambungnya.


Selain anjuran nutrisi di atas, tentu ada langkah lain yang dapat dilakukan seperti olahraga, memastikan memiliki waktu istirahat yang cukup, menghindari stres dan tentunya tetap menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19 termasuk memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan juga vaksinasi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)