6 Varian Baru Covid-19, Ini Perbedaan dan Kecepatan Penularannya

Minggu, 05 September 2021 - 10:40 WIB
loading...
6 Varian Baru Covid-19, Ini Perbedaan dan Kecepatan Penularannya
Varian baru Covid-19 mencapai tingkat peringatan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Foto Ilustrasi/WebMD
A A A
JAKARTA - Varian baru Covid-19 yang mencapai tingkat peringatan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat publik bertanya-tanya, varian apa saja yang ada di luar sana dan mana yang harus lebih dikhawatirkan?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), varian virus corona diperkirakan akan muncul. Melansir CNBC Internasional, Minggu (5/9), beberapa varian tampaknya menyebar lebih mudah dan cepat daripada yang lain, yang dapat menyebabkan lebih banyak kasus Covid-19 .



Varian dikategorikan sebagai "varian yang menarik", "varian yang menjadi perhatian", dan "varian dengan konsekuensi tinggi".

CDC menyatakan, suatu varian diklasifikasikan sebagai varian yang menarik jika menunjukkan penanda genetik spesifik yang telah dikaitkan dengan perubahan pada pengikatan reseptor, dan berkurangnya netralisasi oleh antibodi. Inilah yang dihasilkan terhadap infeksi atau vaksinasi sebelumnya, berkurangnya kemanjuran pengobatan, dampak diagnostik potensial, atau prediksi peningkatan penularan atau keparahan penyakit.

Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago Dr. Allison Arwady mengatakan, seperti itulah cara kerja virus corona. Varian yang menarik berarti kita telah melihat sejumlah mutasi genetik yang sama muncul dan para ilmuwan di seluruh dunia sedang mencarinya setiap saat.

"Sebuah virus di mana pun di dunia mendapatkan urutan genetik ini. Ia diperbarui ke dalam basis data yang dibagikan secara internasional, sehingga kita dapat benar-benar melihat apa yang muncul," kata Dr. Allison.

"Varian kekhawatiran adalah di mana ada bukti peningkatan penularan, penyakit yang lebih parah (misalnya, peningkatan rawat inap atau kematian), pengurangan signifikan dalam netralisasi oleh antibodi yang dihasilkan selama infeksi atau vaksinasi sebelumnya, pengurangan efektivitas pengobatan atau vaksin, atau kegagalan deteksi diagnostik," sambungnya.

Di Amerika Serikat (AS) dan seluruh dunia, saat ini ada beberapa varian yang diberi label "varian yang menjadi perhatian" oleh CDC maupun WHO. Berikut ulasannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2399 seconds (0.1#10.140)