Akun Penggemar Jimin di Situs Weibo Diblokir Gegara Rencanakan Kustomisasi Pesawat

Senin, 06 September 2021 - 17:25 WIB
loading...
Akun Penggemar Jimin di Situs Weibo Diblokir Gegara Rencanakan Kustomisasi Pesawat
Akun Penggemar Jimin di Situs Weibo Diblokir Gegara Rencanakan Kustomisasi Pesawat. Foto/Allkpop
A A A
SEOUL - Fans dari group musik pop Korea Selatan memang seringkali menciptakan ide-ide aneh untuk mendukung idolanya. Akun penggemar dari China ini pun tak terkecuali; gara-gara berencana membuat stiker Jimin BTS raksasa untuk ditempel di badan pesawat, akun mereka pun malah terkena blokir oleh situs Weibo.

Akun penggemar Jimin BTS dari China , bernama Jimin Bar, baru-baru ini ‘dihukum’ oleh situs Weibo lantaran mengadakan penggalangan dana untuk mengiklankan sang idola di badan sebuah pesawat. Rencana ini disusun oleh Jimin Bar dalam rangka merayakan ulang tahun Jimin bulan Oktober mendatang, dilansir dari All K-Pop, Senin (6/9/2021).

Rencananya, Jimin Bar akan bekerjasama dengan Jeju Air untuk memasang desain ucapan selamat ulang tahun yang ditujukan pada Jimin di salahsatu badan pesawat milik maskapai tersebut. Meski Jeju Air tak bermasalah dengan proyek penggemar semacam ini, sayangnya pemerintah China berkata lain.

Belakangan ini, pemerintah China tengah gencar memburu akun-akun penggemar yang ketahuan mendukung para idolanya secara berlebihan dan tak rasional. Akhirnya, sebagai situs yang patuh terhadap pemerintah, Weibo pun memutuskan untuk menghukum akun Jimin Bar dan memblokir akun tersebut selama 60 hari.



“Semenjak pemerintah China mengumumkan ‘Usaha Tambahan Pembersihan Kekacauan Fandom’, kami juga telah membersihkan situs Weibo dari akun-akun yang mendukung idol secara berlebihan. Beberapa warganet mengabarkan kepada kami bahwa pada bulan April kemarin muncul sebuah akun yang menggalang dana untuk membuat proyek kustomisasi pesawat. Proyek tersebut sangat menyalahi aturan kami,” ujar pengumuman dari Weibo.

“Maka dari itu, kami memblokir akun Jimin Bar dari situs kami selama 60 hari dan menghapus unggahan terkait proyek tersebut. Weibo sangat melarang dukungan berlebihan semacam itu dan akan terus berkomitmen menjaga masyarakat China dari mendukung idola mereka secara irasional.”

Karena diblokirnya Jimin Bar, beberapa akun penggemar yang merencanakan proyek besar pun terancam terkena hukuman yang sama oleh Weibo.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)