Diabetes Tipe 2, Tanda Gula Darah Tinggi di Kaki yang Parah saat Malam

Selasa, 07 September 2021 - 04:20 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Tanda Gula Darah Tinggi di Kaki yang Parah saat Malam
Diabetes Tipe 2, Tanda Gula Darah Tinggi di Kaki yang Parah saat Malam. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 bisa ditandai dengan gula darah tinggi di kaki. Kondisi ini bisa menjadi parah saat malam hari. Ketika gula darah dibiarkan naik tak dijaga, dapat menyebabkan banyak gejala yang mengganggu.

Banyak yang paling akut berasal dari kerusakan saraf, yang secara medis dikenal sebagai neuropati. Ada banyak jenis neuropati dan beberapa tanda peringatan dapat muncul di kaki Anda.

Dilansir dari Express, Selasa (7/9) menurut Diabetes UK, nyeri terbakar atau tertusuk di kaki menandakan gula darah tinggi. Sensasi ini akan lebih parah di malam hari.

"Bahaya utama neuropati sensorik bagi penderita diabetes adalah hilangnya rasa di kaki, terutama jika Anda tidak menyadari bahwa ini telah terjadi," kata Diabetes UK.

Baca Juga: Tanda Diabetes, Mulut Kering Gejala yang Perlu Diwaspadai

Anda mungkin tidak melihat cedera ringan, misalnya menginjak sesuatu yang tajam saat bertelanjang kaki atau lecet karena sepatu yang tidak pas. Pemeriksaan kaki adalah bagian dari kegiatan tahunan Anda, yang berarti harus dilakukan sebagai bagian dari perawatan diabetes.

Ini karena Anda lebih cenderung memiliki masalah kaki yang serius dan ini dapat menyebabkan amputasi. Anda dianjurkan untuk bertemu ahli penyakit kaki jika menderita diabetes dan gejala yang mempengaruhi kaki seperti mati rasa.

Ada sejumlah tips sederhana yang dapat mencegah risiko komplikasi kaki yang serius. Menurut NHS, Anda harus memakai sepatu yang pas dan tidak sempit atau menggesek. Sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan kapalan, bisul dan masalah kuku.

"Menjaga gula darah Anda dalam target akan membantu mencegah kerusakan pada kaki Anda dan dapat menghentikan keadaan menjadi lebih buruk," jelas Diabetes UK.

Baca Juga: Gejala Diabetes Tipe 2, Tanda Serius di Kaki saat di Air Hangat
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2183 seconds (11.252#12.26)