Tanda Diabetes, Mulut Kering Gejala yang Perlu Diwaspadai

Senin, 06 September 2021 - 17:53 WIB
loading...
Tanda Diabetes, Mulut Kering Gejala yang Perlu Diwaspadai
Tanda Diabetes, Mulut Kering Gejala yang Perlu Diwaspadai. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Mulut kering bisa menjadi tanda diabetes yang perlu diwaspadai. Kebanyakan orang menyadari tanda dan gejala penyakit ini, tetapi beberapa orang tidak menunjukkan gejala sama sekali, sehingga kondisi ini tidak terdeteksi.

Beberapa gejala umum diabetes termasuk rasa lapar yang berlebihan, sering buang air kecil, lekas marah dan kelelahan. Namun, mulut kering menjadi salah satu tanda diabetes yang membuat kondisi ini tidak terdeteksi.

Gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut . Jadi, jika menderita diabetes, Anda mungkin mengalami beberapa masalah gigi dan penyakit gusi . Berikut tanda diabetes di mulut yang perlu diwaspadai dilansir dari Times of India, Senin (6/9).

Baca Juga: Gejala Diabetes Tipe 2, Tanda Serius di Kaki saat di Air Hangat

Mulut kering

Mulut kering adalah salah satu tanda pertama diabetes tipe 2, yang dikenal sebagai xerostomia. Diabetes dapat menyebabkan kurangnya air liur di mulut, yang dapat membuat Anda merasa kering dan ekstra haus. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit, bisul, infeksi dan kerusakan gigi jika diabetes tidak dikendalikan.

Penyakit gusi

Apakah gigi atau gusi Anda berdarah saat menyikat atau menggunakan benang gigi? Ini bisa menjadi tanda awal penyakit gusi. Diabetes dapat membuat gusi berdarah dan membengkak, yang dikenal sebagai gingivitis. Jika tidak diobati tepat waktu, dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius yang disebut periodontitis dan menghancurkan jaringan lunak dan tulang yang menopang gigi.

Baca Juga: Diabetes Tipe 2, Ide Sarapan Terbaik untuk Turunkan Gula Darah

Kerusakan gigi

Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Mulut Anda memiliki banyak jenis bakteri, yang ketika berinteraksi dengan gula dan pati, membentuk plak. Asam dalam plak menyerang email, menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Kerusakan gigi, jika tidak diobati, dapat menyebabkan rasa sakit dan infeksi bahkan kehilangan gigi.

Sariawan

Sariawan mulut juga disebut kandidiasis adalah infeksi jamur. Orang yang menderita diabetes sering memiliki antibiotik untuk melawan infeksi, yang membuat mereka rentan terhadap infeksi jamur di mulut dan lidah. Tanda-tanda umum sariawan termasuk bercak putih dan merah yang menyakitkan di mulut, lidah, gusi, pipi, dan langit-langit mulut. Bercak ini bahkan bisa berubah menjadi luka terbuka. Mempraktikkan kebersihan mulut yang baik dapat membantu menghindari sariawan.

Baca Juga: Diabetes Tipe 2, 3 Tanda Serius yang Perlu Diwaspadai

Sensasi terbakar di mulut dan lidah

Sensasi terbakar di mulut dan lidah adalah kondisi yang kompleks dan menyakitkan. Sensasi terbakar di dalam mulut disebabkan oleh kadar glukosa darah yang tidak terkontrol, yang disertai dengan mulut kering, rasa pahit dan rasa terbakar. Gejalanya bisa memburuk sepanjang hari.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1798 seconds (11.252#12.26)