Proteksi Karya Musisi, VID Jembatani Kreator dengan Penerbit Lagu

Selasa, 07 September 2021 - 18:06 WIB
loading...
Proteksi Karya Musisi, VID Jembatani Kreator dengan Penerbit Lagu
Guna memproteksi karya musisi dan tidak merasa dirugikan, salah satu vokalis Kahitna itu pun bergabung dengan dengan program VID. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Vokalis Mario Ginanjar begitu prihatin dengan maraknya cover lagu di media sosial. Meski di sisi lain, bagi dia, cover lagu merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada idola dan karya mereka dalam platform digital seperti Youtube.

Baca juga: Musik Buat Elo! Ruang Galau: Live Musik Bareng Anggi Marito

Guna memproteksi karya musisi dan tidak merasa dirugikan, salah satu vokalis Kahitna itu pun bergabung dengan dengan program VID (Virtual Indonesia Validation and Distribution).

VID akan menjembatani kreator dengan penerbit lagu sehingga para kreator mendapat ruang kebebasan dan perlindungan dalam memproduksi lagu cover. VID sendiri merupakan platform besutan V-Entertainment.

"Kami berusaha untuk menjembatani kreator dengan publisher dengan menyediakan katalog lagu-lagu yang telah diurus lisensi sinkronisasinya," terang Manajer Bisnis V-Entertainment, Ivan Edbert dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/9/2021).

"Kreator cukup menghubungi kami untuk mengetahui lagu-lagu mana yang bisa dibuat cover tanpa khawatir masalah hak cipta," lanjutnya.

Adanya VID ini, sambung Ivan Edbert, mereka juga akan menerima bagi hasil dari monetisasi YouTube. Semuanya didasarkan pada kerja sama yang transparan sehingga baik kreator dan publisher mendapatkan manfaat dari sebuah konten cover yang diunggah di YouTube.

Musisi Mario Ginanjar pun merespons positif adanya VID ini. Vokalis kelahiran Jakarta, 11 Maret 1982 itu tidak ragu untuk bergabung karena ini adalah salah satu bentuk penghormatan kepada musisi idolanya.

"Alasan saya bergabung adalah sebagai penghormatan kepada para idola saya dari zaman dulu. Melalui VID, saya bisa membuat cover lagu-lagunya secara resmi," ujar Mario.

Sementara itu, pada tahap awal, V-Entertainment telah menjalin kerja sama dengan label rekaman Aquarius Pustaka Musik dan Demajors Independent Music Industry sebagai pemilik Content ID.

Baca juga: 4 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Menyepi di Masa Pandemi

Dalam semangat kolaborasi, diharapkan musisi dan konten kreator yang tergabung dalam inisiatif VID dapat selain mendukung dengan cara saling mention, swipe up, atau pemanfaatan fitur-fitur media sosial lainnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)