Diabetes Tipe 2, Ramuan Turunkan Gula Darah Tinggi dalam 2 Jam

Jum'at, 10 September 2021 - 04:20 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Ramuan Turunkan Gula Darah Tinggi dalam 2 Jam
Gula darah tinggi akibat diabetes tipe 2 bisa diturunkan dengan ramuan hanya dalam waktu dua jam. Daun sage telah lama digunakan sebagai obat diabetes. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Gula darah tinggi akibat diabetes tipe 2 bisa diturunkan dengan ramuan hanya dalam waktu dua jam. Daun sage telah lama digunakan sebagai obat diabetes , dengan penelitian menunjukkan bahwa daun ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah .

Sebuah studi yang meneliti hubungan antara ramuan dan diabetes menemukan bahwa ekstrak sage mengurangi kadar gula darah pada tikus dengan mengaktifkan reseptor tertentu. Penelitian lebih lanjut yang dilakukan pada manusia juga telah mengkonfirmasi hasil ini.

Sebuah uji klinis termasuk 80 individu dengan diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol menemukan bahwa setelah dua jam puasa, kadar gula darah pada individu yang diberi sage secara signifikan menurun bila dibandingkan dengan kelompok kontrol.


Dilansir dari Express, Jumat (10/9/2021) setelah reseptor diaktifkan, peneliti mengamati reseptor membersihkan kelebihan asam lemak bebas dalam darah, yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin .

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa ramuan itu bekerja dengan cara yang mirip dengan obat metformin, obat yang diresepkan untuk mengelola gula darah.

Pada manusia, ramuan tersebut telah ditemukan memiliki efek yang mirip dengan rosiglitazone, obat anti-diabetes lain yang menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Para peneliti menyimpulkan daun sage bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengurangi gula darah hanya dua jam setelah puasa.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8230 seconds (0.1#10.140)