Waspada! Dua Hal Ini Bisa Tingkatkan Risiko Penularan Covid-19

Jum'at, 10 September 2021 - 09:49 WIB
loading...
Waspada! Dua Hal Ini Bisa Tingkatkan Risiko Penularan Covid-19
Studi terbaru menemukan dua faktor terbesar yang dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Buildings and Cities. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan dua faktor terbesar yang dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19 . Studi ini diterbitkan dalam jurnal Buildings and Cities.

Menurut Cornell, peneliti arsitektur perencanaan kota dan kesehatan masyarakat, waktu perjalanan yang lama dan kepadatan perumahan dapat menjadi penyebab meningkatnya risiko terinfeksi Covid-19 .

Lingkungan yang memiliki populasi dengan waktu perjalanan yang lebih lama untuk bekerja dari sekitar 40 menit hingga 1 jam, lebih mungkin menjadi hotspot penyakit menular .

“Kami menemukan bahwa kepadatan perumahan yang tinggi dan persentase orang yang bepergian dengan angkutan umum yang tinggi tidak berhubungan dengan tingkat kasus Covid-19 yang lebih tinggi," kata penulis dan asisten profesor arsitektur di Sekolah Tinggi Arsitektur dan Perencanaan, Timur Dogan.

“Kepadatan perumahan dan waktu perjalanan yang lebih lama tampaknya mengganggu ketahanan pandemi individu keluarga, komunitas dan kota yang rentan secara medis, secara keseluruhan," lanjutnya dilansir dari Express, Jumat (10/9/2021).


Studi ini diterbitkan untuk menawarkan panduan tanggapan jangka pendek dalam pemulihan yang aman dari krisis Covid-19. Indikator kepadatan, yang mencakup jumlah unit per bangunan dan jumlah penghuni per kamar, berkorelasi dengan penularan virus corona .

Kepadatan lingkungan perumahan, di sisi lain, tidak terkait dengan tingkat kasus Covid-19 harian. Bukti saat ini menunjukkan bahwa Covid-19 menyebar terutama di antara orang-orang yang melakukan kontak dekat satu sama lain, biasanya dalam jarak satu meter.

Seseorang dapat terinfeksi ketika aerosol atau tetesan yang mengandung virus terhirup atau bersentuhan langsung dengan mata, hidung, atau mulut.

Virus ini juga diketahui menyebar di lingkungan dalam ruangan yang berventilasi buruk dan atau ramai, di mana orang cenderung menghabiskan waktu lebih lama. Hal ini disebabkan aerosol yang tertinggal di udara atau bergerak lebih jauh dari 1 meter.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa setiap situasi di mana orang berada dalam jarak dekat satu sama lain untuk jangka waktu yang lama meningkatkan risiko penularan. Lokasi dalam ruangan, terutama ventilasi yang buruk, lebih berisiko daripada lokasi di luar ruangan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3070 seconds (0.1#10.140)