Iwan Fals Menolak Tua di Usia 60 Tahun: Kata WHO Saya Masih Muda

Minggu, 12 September 2021 - 19:05 WIB
loading...
Iwan Fals Menolak Tua di Usia 60 Tahun: Kata WHO Saya Masih Muda
Iwan Fals Menolak Tua di Usia 60 Tahun: Kata WHO Saya Masih Muda. Foto/IG Iwan Fals
A A A
JAKARTA - Iwan Fals tampaknya enggan disebut tua, meski usianya sudah menginjak 60 tahun. Alasan penyanyi legendaris yang baru berulang tahun pada 3 September lalu itu menolak disebut tua karena organisasi kesehatan dunia atau WHO menyebut usia 60 tahun itu masih masuk dalam golongan pemuda.

Pernyataan Iwan Fals terungkap saat menjadi bintang tamu ditayangan YouTube komedian Soleh Solihun. Dalam obrolan pembuka, keduanya nampak berbincang terkait usia senja sang musisi yang telah memasuki usia 60 tahun.

Soleh Solihun juga mengaku penasaran terkait yang dirasakan Iwan Fals mengingat umurnya sudah lebih dari setengah abad.

Baca Juga: Iwan Fals Hampir Bakar Tongkrongan Preman Gegara Air

"Apa rasanya 60 tahun?," tanya Soleh Solihun dikutip dari YouTubenya, Minggu (12/9/2021).

"Rasa 17 (tertawa), iya ternyata laporan WHO terakhir yang namanya pemuda dari 18 sampai 65, nih kalau nggak percaya nih lihat, ada teman ngirimin," jawab Iwan Fals lalu tertawa.



Lantas, pelantun lagu Bento ini menunjukkan sebuah artikel yang menyebut usianya saat ini masih termasuk sebagai pemuda. Iwan Fals mengatakan WHO telah merilis kritieria baru terkait usia hidup manusia. Pada artikel yang dibacakan sang musisi, ternyata usianya yang menginjak 60 tahun masih tergolong sebagai pemuda.

"Nih 'WHO mengeluarkan kriteria baru kelompok usia, organisasi kesehatan dunia WHO yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss, melalui studi tentang kualitas kesehatan dan harapan hidup rata-rata manusia diseluruh dunia menetapkan kriteria baru yang membagi kehidupan manusia kedalam lima kelompok usia yaitu 1. 0-17 tahun anak-anak dibawah umur, 2. 18-65 tahun pemuda, 3. 66-79 setengah baya, 4. 80-90 orangtua, 5. 100 keatas orangtua berusia panjang'," jelas Iwan Fals.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-60, Iwan Fals Rilis Album Baru 'Pun Aku'

Namun, pemilik nama asli Virgiawan Listanto ini tidak menampik perubahan fisik yang dialaminya. Bahkan Iwan menyebut kerap merasakan sakit pinggang sejak memasuki usia ke 50. Ia merasa gerakannya sudah jauh melambat, berbeda kala dirinya masih berusia 30 tahunan.

"Tapi apa tuh perbedaan fisik diumur 60 apa tuh yang paling terasa?," tanya Soleh.

"Ya itu dari umur 50 berapa udah pinggang cekot-cekot, beda sama umur 30 atau 18 ya nggak selincah itu lah," jawab Iwan Fals.
(hri)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1227 seconds (10.55#12.26)