Mual Muntah Berlebihan Tanda Hamil Anak Perempuan, Benarkah?

Senin, 13 September 2021 - 13:32 WIB
loading...
Mual Muntah Berlebihan Tanda Hamil Anak Perempuan, Benarkah?
Mual dan muntah berlebihan saat hamil dipercaya tanda bayi yang dikandung perempuan. Pada sebagian kasus, ibu hamil bayi perempuan lebih sering mual dan muntah. Foto/Parents.
A A A
JAKARTA - Mual dan muntah berlebihan saat hamil dipercaya merupakan tanda bayi yang dikandung berjenis kelamin perempuan. Pada sebagian kasus, ibu hamil yang mengandung bayi perempuan dianggap lebih sering mengalami mual dan muntah, khususnya pada trimester pertama.

Hal ini disebabkan oleh lonjakan hormon yang terjadi selama kehamilan berlangsung. Namun, hal tersebut tidak selalu benar. Pasalnya, tidak semua ibu hamil yang mengalami mual dan muntah berlebihan mengandung bayi perempuan.


Faktanya, banyak ibu hamil yang tidak mengalami mual dan muntah berlebihan, tetapi mengandung bayi perempuan. Begitu juga sebaliknya, ada pula ibu hamil yang mual dan muntah parah, tetapi mengandung bayi laki-laki.

Dilansir dari Alodokter, Senin (13/9/2021) sampai sekarang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa anggapan tersebut benar.


Pada dasarnya, penentu jenis kelamin janin adalah tipe kromosom dari sperma laki-laki yang bertemu kromosom dari sel telur wanita. Untuk memastikan apakah bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, diperlukan pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter kandungan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)