Wajib Tahu! Yuk, Jaga Kesehatan dan Kebersihan Tangan dengan Cara Berikut Ini

Selasa, 14 September 2021 - 20:00 WIB
loading...
Wajib Tahu! Yuk, Jaga Kesehatan dan Kebersihan Tangan dengan Cara Berikut Ini
Foto: by Freepik
A A A
JAKARTA - Menjaga kesehatan dan kebersihan tangan merupakan salah satu tugas diri sendiri supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Terlabih di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, membiasakan diri untuk menjaga kebersihan tangan tentu tak boleh diabaikan.

Menjaga kebersihan tangan misalnya dengan mencuci tangan rutin sebaiknya Anda lakukan saat sebelum makan, dari kamar mandi, setelah berpergian, dan setelah memegang benda-benda yang kotor. Lalu, jika kita tidak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun secara langsung kita dapat menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Apakah cara tersebut aman? Berikut ulasannya.

Dari Mana Kuman Penyakit Berasal?
Semua orang tentu sudah mengetahui jika mencuci tangan merupakan salah satu cara supaya tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Lalu sebetulnya dari mana datangnya kuman? Kuman sendiri datang dan menyebar melalui tangan manusia yang menyentuh banda-benda kotor yang ada di sekitarnya. Tangan sendiri merupakan salah anggota tubuh yang digunakan untuk melakukan aktivitas apapun. Maka dari itu, sebagai orangtua atau orang dewasa, alangkah baiknya jika sejak dini menanamkan budaya mencuci tangan kepada anak.

Rajin mencuci tangan memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, salah satunya bisa mencegah terjadinya masuknya bakteri penyebab diare dan bakteri lain yang menyebabkan sakit dalam tubuh. Namun, kebanyakan orang masih belum mengetahui bagaimana cara mencuci tangan dengan benar.

Menjaga Kebersihan Tangan Menggunakan Hand Sanitizer
Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang banyak digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Nah, otomatis tangan merupakan sarang dari berbagai jenis kuman dan penyakit. Maka dari itu, salah satu manfaat dan keutamaan cuci tangan menggunakan hand sanitizer adalah agar tubuh terhindar dari risiko berbagai penyakit, termasuk virus corona.

Membersihkan tangan dengan Hand sanitizer yang mengandung alkohol direkomendasikan oleh CDC sebagai alternatif sabun dan air saat kondisi tangan sedang tidak steril dan jauh dari sumber air. Hand sanitizer memiliki manfaat untuk menurunkan jumlah kuman di tangan Anda.

Banyak yang mempertanyakan apakah hand sanitizer mampu mengusir kuman lebih optimal dibandingkan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir? Jawabannya adalah Ya, Hal tersebut pun disampaikan oleh dr. Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan saat ditemui Okezone beberapa waktu yang lalu.

dr. Eni ini mengatakan mencuci tangan menggunakan air dan sabun bisa membunuh kuman sebanyak 80 persen. Demikian juga jika menggunakan hand sanitizer, bahan pembersih ini bisa jadi solusi membersihkan tangan saat tidak ada air dan sabun. Namun penggunaannya terbatas alias tidak bisa digunakan secara terus menerus.

Nah, berarti Anda tak perlu bingung lagi soal pertanyaan lebih bersih mana membersihkan tangan dengan air atau dengan menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol seperti merk Antis dari enesis.

Wajib Tahu! Yuk, Jaga Kesehatan dan Kebersihan Tangan dengan Cara Berikut Ini
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)