Gunung Singgalang, Favorit Pendaki yang Melegenda karena Ilmu Silat Harimau

Kamis, 16 September 2021 - 07:37 WIB
loading...
Gunung Singgalang, Favorit Pendaki yang Melegenda karena Ilmu Silat Harimau
Gunung Singgalang, Favorit Pendaki yang Melegenda karena Ilmu Silat Harimau. Foto/IG @bujang_palabana
A A A
AGAM - Gunung Singgalang yang terletak di Kabupaten Agam , Sumatera Barat merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Lalu tahukah Anda, bahwa kawasan ini memiliki legenda yang disebut 7 Manusia Harimau.

Dikutip dari akun Facebook MNC Update, konon pada zaman dahulu Gunung Singgalang merupakan awal mula adanya 7 manusia harimau. Di mana kini menjadi legenda, serta pernah menjadi drama sinetron di RCTI.

Kala itu penduduk Desa Singgalang memiliki perguruan silat, tepatnya di kaki gunung tersebut. Sebelum murid perguruan itu lulus, mereka akan diuji lebih dulu.

Ujian yang diberikan kepada mereka yaitu para murid harus masuk dan menelusuri hutan Gunung Singgalang. Hanya dibekali bawang dan garam, jika kembali dengan selamat dan membawa sabuk dari kulit harimau , maka orang tersebut memiliki ilmu harimau.

Baca Juga: Wisata Situ Gunung Sukabumi, Legenda Kerajaan Mataram hingga Ragam Destinasi Menarik

Kini Gunung Singgalang kerap dijadikan salah satu tujuan bagi pendaki dalam negeri maupun mancanegara. Memiliki ketinggian sekitar 2877 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Dikutip dari akun Instagram @mountnesia, Gunung Singgalang dihiasi dengan hutan gunung yang lembab. Selain itu, gunung ini banyak menyimpan kandungan air, sehingga persediaan air bagi para pendaki cukup melimpah.

Kemudian salah satu hal yang membuat Gunung Singgalang menjadifavorit untuk didakikarena keberadaan sebuah telaga kawah mati yang terkenal dengan sebutan Telaga Dewi.

Gunung ini merupakan salah satu dari tiga gunung yang berdekatan sehingga biasa disebut Tri Arga: Marapi, Singgalang dan Tandikek. Marapi di antara yang paling umum didaki orang.

Baca Juga: Pengelola Wisata Gunung Bromo Hanya Buka Satu Pintu, Ini Alasannya

Sementara gunung Singgalang tidak terlalu banyak pendaki sekalipun di akhir minggu. Trek yang berat membuat orang berpikir dua kali untuk mendaki gunung ini, sekalipun pemandangannya sangat indah.***
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2685 seconds (11.97#12.26)