Ini Penyebab Diabetes Selain Banyak Makan

Kamis, 16 September 2021 - 09:02 WIB
loading...
Ini Penyebab Diabetes Selain Banyak Makan
Ini Penyebab Diabetes Selain Banyak Makan. Foto/Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dialami masyarakat. Meski terlihat sederhana namun penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan komplikasi hingga berujung kematian.

Pada dasarnya, diabetes memiliki beberapa jenis, dan tidak semua penyebab diabetes disebabkan karena asupan makanan. Merangkum dari Times Now News, Kamis (16/9/2021), berikut lima penyebab diabetes selain banyak makan:

1. Diet tinggi makanan olahan, karbohidrat olahan, dan gula

Semangkuk mie instan, burger keju, pizza, donat, dan bacon bisanya menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Makanan ini tinggi lemak jenuh dan karbohidrat sederhana yang mudah terurai menjadi glukosa.

Glukosa ini disimpan dalam aliran darah sehingga memaksa pankreas untuk memproduksi terlalu banyak insulin yang mengakibatkan penambahan berat badan.



2. Sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS adalah salah satu penyebab paling umum obesitas pada wanita. Menurut National Library of Medicine, 40-80% wanita dengan PCOS kelebihan berat badan atau obesitas.

Hal ini terjadi karena kondisi tersebut berdampak pada laju metabolisme yang mengakibatkan kelainan dan peningkatan risiko diabetes dan obesitas.

3. Kurangnya aktivitas fisik

Gaya hidup kurang aktivitas fisik atau tidak banyak bergerak memainkan peran besar dalam hal obesitas. Seseorang mendapatkan asupan kalori dari makanan, namun di satu sisi seseorang yang tidak melakukan aktivitas fisik apa pun, akan menumpuk lemak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)