Lestarikan Batik Betawi, Komunitas Tenun Jakarta Kembali Aktif

Kamis, 16 September 2021 - 13:44 WIB
loading...
Lestarikan Batik Betawi, Komunitas Tenun Jakarta Kembali Aktif
Resmi dibentuk pada 2019, Komunitas Tenun Jakarta sempat terhenti karena pandemi, namun kini sudah mulai kembali aktif. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Label fashion lokal , ELEMWE terus fokus melestarikan batik motif budaya Betawi. Dalam upanya tersebut, ELEMWE juga tengah mengembangkan kreativitasnya dengan membentuk Komunitas Tenun Jakarta.

Resmi dibentuk pada 2019, Komunitas Tenun Jakarta sempat terhenti karena pandemi. Namun kini founder ELEMWE, Lily Mariasari kembali aktif melakukan kegiatan pemberdayaan pengrajin di Komunitas Tenun Jakarta.

"Tahun 2019 sudah dibentuk dan dibina Komunitas Tenun Jakarta namun karena pandemi terhenti. Sekarang sudah mulai aktif kembali," kata Lily Mariasari dalam keterangan persnya, Kamis (16/9/2021).

"Ini tujuan kami agar Jakarta punya pengrajin Tenun yang dapat membuat motif-motif seni budaya Betawi. Sehingga masyarakat yang berada di seputaran Jakarta dapat mengetahui bahkan mempelajarinya," jelasnya.

Baca juga: Tetap Patuhi Prokes, Belanja di AladinMall dari Rumah untuk Cegah Gelombang Ketiga Pandemi

Pembinaan dilakukan kepada para wanita di rusun Jakarta dan terbuka untuk umum lainnya. Kegiatan ini terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar dan berkreativitas.

Komunitas Tenun Jakarta nantinya diharapkan bisa menghasilkan kain tenun khas Jakarta. Tidak hanya pembinaan dan pelatihan, Lily secara langsung melakukan studi banding guna mengetahui detail tentang tenun dan mendatangkan pelatih tenun yang profesional agar dapat hasil sesuai dengan yang diharapkan.

"Saat ini, pengembangan pengrajin batik Betawi sudah berjalan dengan baik dan para pengrajin sudah mandiri tinggal diarahkan. ELEMWE memilih untuk mulai mengembangkan tenun, karena kami ingin setiap daerah memiliki pengrajin tenun, dan salah satunya Jakarta juga punya dan bisa," papar Lily.

Baca juga: 4 Camilan Legendaris Indonesia Ini Pas untuk Temani Kegiatan Harian

Motif tenun pertama yang dibuat para pengrajin adalah motif Monas, penari dan flora.

Mengingat target pasar tenun yang cukup bagus di industri fashion, Lily berharap Jakarta bisa semakin dikenal melalui hasil karya pengrajinnya. Selain melalui batik Betawi, motif tenun Betawi juga dapat diterima dan diperkenalkan ke pasar lokal dan internasional.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)