Gejala Diabetes pada Wanita, Wajib Tahu Sebelum Terlambat

loading...
Gejala Diabetes pada Wanita, Wajib Tahu Sebelum Terlambat
Ada gejala diabetes yang hanya dialami oleh wanita. Penting untuk mendeteksi gejala diabetes pada wanita sedari dini untuk mengendalikan penyakit lebih awal. Foto/Medical News Today.
JAKARTA - Ada gejala diabetes yang hanya dialami oleh wanita. Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi gejala diabetes pada wanita sedari dini untuk mengendalikan penyakit lebih awal dan mencegah komplikasi.

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang terjadi ketika kadar gula dalam darah terlalu tinggi atau hiperglikemia. Pada diabetes tipe 2 , insulin tidak dapat berfungsi optimal sehingga glukosa menumpuk di dalam darah.

Padahal, gula darah seharusnya diserap oleh sel-sel tubuh dengan bantuan insulin untuk dibakar menjadi energi. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala diabetes secara umum bagi pria maupun wanita, seperti kelelahan, sering buang air kecil, luka sulit sembuh, cepat lapar dan haus, atau penglihatan buram.

Selain gejala tersebut, terdapat beberapa gejala khas yang terjadi pada wanita. Pasalnya, kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkendali dapat memengaruhi fungsi dan kesehatan seksual wanita. Berikut daftar gejala diabetes pada wanita dikutip dari Hello Sehat, Jumat (17/9/2021).



Baca Juga: Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter, Ini Daftarnya!

1. Disfungsi Seksual

Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa mengganggu fungsi saraf (neuropati diabetik) di sekitar vagina dan pembuluh darah yang melewatinya. Kentalnya pembuluh darah akibat konsentrasi gula yang tinggi pun menghambat aliran darah ke arah vagina.

Kondisi tersebut dapat memengaruhi respons wanita dalam menerima rangsangan seksual atau mencapai orgasme. Gejala seperti nyeri saat berhubungan seks juga bisa terjadi pada wanita dengan diabetes akibat berkurangnya produksi cairan lubrikasi alami.

Gangguan pada fungsi seksual ini akan memengaruhi kondisi psikologis wanita dengan diabetes sehingga menurunkan libido atau hasrat seksual.

2. Infeksi Jamur Vagina
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top