Mengenal 6 Gejala Rosacea, Penyakit Maia Estianty yang Belum Ada Obatnya

Senin, 20 September 2021 - 17:32 WIB
loading...
Mengenal 6 Gejala Rosacea, Penyakit Maia Estianty yang Belum Ada Obatnya
Mengenal 6 Gejala Rosacea, Penyakit Maia Estianty yang Belum Ada Obatnya. Foto/YouTube Maia ALELDUL
A A A
JAKARTA - Musisi cantik Maia Estianty belum lama ini mengakui bahwa dirinya mengidap penyakit kulit yang disebut rosacea. Akibat penyakit tersebut mantan istri Ahmad Dhani itu memiliki bintik menyerupai jerawat dan mampu membuat kulit menjadi kemerahan.

Penyakit yang dialami Maia tersebut sebenarnya bukan hal baru dalam dunia medis. Merangkum dari Mayo Clinic, Senin (20/9/2021), rosacea adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan merona atau kemerahan dan pembuluh darah terlihat di wajah.

Penyakit ini juga dapat menghasilkan benjolan kecil berisi nanah. Tanda-tanda dan gejala ini dapat muncul selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dan kemudian hilang untuk sementara waktu. Rosacea kerap dianggap sebagai jerawat, masalah kulit lainnya, atau kemerahan alami.

Rosacea dapat menyerang siapa saja. Tapi, penyakit ini paling sering menyerang pada wanita berkulit putih di usia paruh baya. Saat ini tidak ada obat untuk rosacea, tetapi pengobatan dapat mengontrol dan mengurangi tanda dan gejala. Berikut gejala-gejala rosacea yang wajib diwaspadai.



1. Wajah memerah

Rosacea dapat menyebabkan rona merah atau kemerahan terus-menerus di bagian tengah wajah. Jika seseorang memiliki kulit berwarna, area yang terkena mungkin menunjukkan bercak kulit yang lebih gelap atau perubahan warna coklat kehitaman.

2. Vena yang terlihat

Pembuluh darah kecil di hidung dan pipi seseorang akan pecah dan menjadi terlihat.

3. Benjolan atau bengkak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)