4 Bahaya Bermain Game secara Berlebihan, Waspada!

Rabu, 22 September 2021 - 07:30 WIB
loading...
4 Bahaya Bermain Game secara Berlebihan, Waspada!
Dampak negatif akibat bermain game secara berlebihan sering kali diabaikan dan dianggap sepele. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Banyaknya waktu luang di tengah masa pembatasan seperti sekarang membuat sebagian orang mengalihkan kegiatan mereka dengan bermain game online. Selain menyenangkan, bermain game online dapat menghilangkan rasa jenuh dan bosan.

Bermain game merupakan aktivitas yang sangat digandrungi anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Hal tersebut menjadi sebuah perilaku baru sehingga dampak negatif akibat bermain game secara berlebihan sering kali diabaikan dan dianggap sepele.



Melansir informasi di laman World Health Organization bertajuk “Addictive Behaviours: Gaming Disorder”, Rabu (22/9/2021), disebutkan bahwa gangguan bermain game didefinisikan sebagai pola perilaku bermain game (digital gaming atau video-game) yang ditandai dengan gangguan kontrol atas game, peningkatan prioritas yang diberikan pada game atas kegiatan lain sejauh permainan didahulukan dari kepentingan lain dan kegiatan sehari-hari, serta kelanjutan atau eskalasi permainan meskipun terjadi konsekuensi negatif.

Berikut dampak akibat bermain game online secara berlebihan bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Memicu Insomnia

Seseorang sering kali lupa akan waktu dan bahkan rela menghabiskan waktu istirahatnya dengan bermain game online. Waktu yang seharusnya menjadi jam istirahat justru digunakan untuk bermain game, sehingga hal tersebut memicu penyakit insomnia dikarenakan terus-menerus memacu adrenalin ketika malam hari.

2. Merusak Penghilatan

Bermain game online dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Pasalnya, seseorang akan menatap layar handphone ataupun komputer selama berjam-jam tanpa adanya istirahat ketika bermain game, sehingga hal tersebut akan berdampak pada kesehatan mata dikarenakan terpapar sinar radiasi.



3. Menimbulkan Penyakit Kepala

Saat bermain game online sering kali seseorang merasakan sakit kepala. Hal tersebut diakibatkan kinerja otak yang digunakan secara berlebihan dan dipaksa berada di satu posisi tertentu dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya istirahat.

4. Memicu Adiktif

Adiktif akan timbul ketika seseorang bermain game online berlebihan dengan jangka waktu yang panjang. Hal tersebut disebabkan karena kinerja tubuh yang terbiasa digunakan seperti itu dalam waktu yang panjang sehingga memicu adiktif pada diri seseorang. (mg03)
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)