Konsumsi Vitamin D dan Jaga Pola Hidup Sehat Dapat Cegah Covid-19

Kamis, 23 September 2021 - 16:41 WIB
loading...
Konsumsi Vitamin D dan Jaga Pola Hidup Sehat Dapat Cegah Covid-19
Anda dapat menyiapkan masakan sehat dan mengonsumsi jus ataupun Green Jus dengan memakai Oxone Personal Hand Blender dari eMSHOP. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perkembangan penanganan kasus Covid-19 di Indonesia terus membaik. Dalam berapa waktu ini kasus harian di bawah 10.000 kasus. Angka kesembuhan naik hingga 95,3% atau menembus angka 3.996.125 orang (covid.go.id, 20/09/2021). Namun pada kurun waktu yang sama di 3 provinsi di Jawa jumlah kasus positif harian masih tertinggi, yaitu di Jawa Timur sebanyak 234 kasus, Jawa Tengah 219 kasus dan Jawa Barat 170 kasus.

Presiden Jokowi mengatakan, Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat. Penerapan protokol kesehatan secara ketat dan vaksinasi merupakan cara terbaik dalam melindungi diri dari penyebaran covid-19. Kasus Covid-19 cenderung menurun. Presiden Joko Widodo juga mengajak warga untuk mempersiapkan diri dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Selain tetap menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi, yang juga tetap penting adalah menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Upaya untuk menjaga kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang, mengonsumsi vitamin, menjaga pola hidup sehat, termasuk istirahat yang cukup dan rutin berolahraga.

dr. Henry Suhendra, dalam webinar bertajuk "Konsumsi Vitamin D dan Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Covid-19", mengatakan, vitamin memiliki peranan penting bagi tubuh, salah satunya vitamin D yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin D dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi (Sindonews.com, Kamis, 12 Agustus 2021).

Baca juga: Lamaran Ria Ricis Berlangsung Mewah dengan Sentuhan Adat Aceh

Tak hanya itu, vitamin D dapat diperoleh dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi dan konsumsi suplemen. Menurut dr. Henry, dalam mengonsumsi suplemen, setiap orang memiliki dosis yang berbeda.

"Masyarakat diimbau agar tidak mengonsumsi vitamin D sembarangan. Konsultasikan terlebih dahulu melalui dokter untuk mengetahui dosis vitamin D yang sesuai dengan kondisi tubuh agar tidak berlebihan," jelas dr. Henry (Sindonews.com, Kamis, 12 Agustus 2021).

Menerapkan pola hidup sehat, juga berarti rutin berolahraga. Kebiasaan berolahraga, pengelolaan stres yang baik, dan istirahat cukup merupakan konsep penting dalam menjalani pola hidup sehat.

Di webinar yang sama binaragawan Ade Rai mengatakan, aktivitas olahraga juga sangat penting, sebab dengan berolahraga tubuh memiliki proteksi dari dalam.

"Penerapan protokol kesehatan saja tidak cukup. Dalam kondisi pandemi seperti ini kita juga memerlukan proteksi dari dalam yang tidak hanya berasal dari pikiran dan energi, tetapi juga dalam hal aktivitas gerak, yaitu olahraga," kata Ade Rai. (Sindonews.com, Kamis, 12 Agustus 2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)