Kurangi Sampah Plastik, Gunakan Wadah Makanan Sendiri

Jum'at, 24 September 2021 - 02:38 WIB
loading...
Kurangi Sampah Plastik, Gunakan Wadah Makanan Sendiri
Banyak orang kini mulai membiasakan diri membawa wadah makanan sendiri untuk menaruh bekal. Foto/Dok LetYeah
A A A
JAKARTA - Masalah sampah plastik telah menjadi keprihatinan banyak kalangan. Salah satu solusi yang dikedepankan untuk mengurangi sampah ini adalah dengan menghilangkan penggunaan plastik sekali pakai, terutama pada makanan dan minuman.

Banyak orang kini mulai membiasakan diri membawa wadah makanan sendiri untuk menaruh bekal. Selain bisa menghemat pengeluaran dan menjamin makanan yang dikonsumsi lebih sehat, membawa bekal dengan wadah sendiri juga dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.



Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup, jumlah sampah tidak terkelola mencapai 43,53% atau 15 juta ton per tahun dari total timbulan sampah di Indonesia. Sampah-sampah yang tidak terkelola ini berpotensi menjadi sumber gas metana penyebab efek rumah kaca yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global (global warming).

Dampak buruk pemanasan global ialah penipisan lapisan ozon pada atmosfer bumi yang menyebabkan perubahan iklim, lalu terjadi gagal panen hingga punahnya berbagai spesies.

Nah, jika membawa makanan sendiri dari rumah, kita bisa menggunakan kotak makan yang dapat dicuci dan digunakan kembali setiap hari sehingga mengurangi jumlah sampah. Dengan melakukan perubahan kecil ini bersama-sama, kita dapat membantu melindungi lingkungan dan makhluk hidup lain di bumi.

LetYeah, salah satu anak brand PT Ananta Global Tech, menyediakan produk-produk perlengkapan rumah tangga dengan produk utama saat ini yaitu kotak makan, botol minum, dan termos. Berdiri sejak 2021, LetYeah menawarkan produk dengan harga terjangkau.

CEO LetYeah Ivan menjelaskan, produk kotak makan LetYeah terbuat dari bahan yang aman untuk makanan panas, bahkan bisa dimasukkan ke dalam microwave.

"Pada produk kotak makan dan botol minum, kami juga menggunakan segel karet yang mudah dilepas dan dipasang kembali saat dibersihkan," katanya melalui siaran pers, Kamis (23/9/2021).

Dengan adanya segel karet pada tutup wadah, kotak makan dan botol minum dapat ditutup dengan sangat rapat sehingga makanan berkuah di dalam kotak ataupun air di dalam botol minum tidak mudah tumpah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2848 seconds (0.1#10.140)