Inilah Lagu Galau dari Musisi Indie Indonesia

Jum'at, 24 September 2021 - 02:20 WIB
loading...
Inilah Lagu Galau dari Musisi Indie Indonesia
Salah satu lagu sedih yang dihadirkan oleh Nadin Amizah berjudul Rumpang. Foto/IG @cakecaine
A A A
JAKARTA - Lagu sedih Indonesia dan band indie, dua unsur ini sering kali dianggap sebagai kombinasi yang pas untuk menghadirkan musik-musik sendu menyayat hati. Namun, indie sekali lagi bukan sebuah aliran atau genre musik.

Istilah indie diambil dari kata independent. Artinya sebuah band indie Indonesia itu merdeka, bebas, mandiri, dan tidak bergantung. Jadi, anggapan bahwa band Indonesia yang mengambil jalur indie merupakan aliran musik sama seperti pop, jazz, rock, metal, hip hop atau sebagainya adalah salah.



Band indie Indonesia dikatakan mandiri karena musisi-musisi atau band yang mengambil jalan ini tidak bergantung pada sebuah label rekaman besar. Tidak sedikit di antara band indie yang melahirkan lagu sedih.

Akan tetapi, bukan berarti kata 'identik' membuat band indie hanya merilis lagu sedih. Karya mereka pun tak terbatas hanya pada satu tema atau aliran musik sehingga melahirkan lagu-lagu yang beragam.

Di luar itu pada 2014, sekelompok ilmuwan melakukan survei online dan mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Ternyata, mendengarkan musik galau di saat kita merasa sedih sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan emosional.

Studi baru lain yang dilakukan pada 2019 membuktikan bahwa orang yang depresi lebih suka musik sedih dibandingkan lagu-lagu bahagia, karena percaya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dikutip dari laman Brightside, Kamis (23/9/2021), inilah lima alasan mengapa mendengarkan musik galau bisa bermanfaat untuk emosional dan membuat kita merasa lebih baik.

1. Menempatkan Diri pada Suasana Hati yang Melankolis

Penelitian menunjukan bahwa alih-alih membawa perasaan bahagia atau sedih, lagu-lagu galau malah membuat kita menjadi bernostalgia. Nostalgia adalah emosi pahit yang menginspirasi imajinasi dan memberi perasaan nyaman dengan membangkitkan kenangan hangat dari masa lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)