Rasakan Sensasi Percikan Hujan Abadi di Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Jum'at, 24 September 2021 - 16:51 WIB
loading...
Rasakan Sensasi Percikan Hujan Abadi di Air Terjun Madakaripura Probolinggo
Rasakan Sensasi Percikan Hujan Abadi di Air Terjun Madakaripura Probolinggo. Foto/IG @airterjunmadakaripura
A A A
PROBOLINGGO - Air terjun jadi salah satu destinasi menarik, yang banyak dikunjungi. Salah satunya adalah air terjun Madakaripura yang terletak di Dusun Branggah, Negororejo, Probolinggo , Jawa Timur.

Air terjun Madakaripura ini juga kerap dijuluki sebagai destinasi wisata hujan abadi karena percikan airnya.

Dikutip dari tayangan Seputar iNews, objek wisata yang satu ini memiliki pemandangan cukup memesona. Airnya jernih, kemudian tebing-tebing yang tinggi semakin menambah keistimewaan kawasan ini.

Air terjun Madakaripura memiliki ketinggian 200 meter, dan dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia setelah air terjun Si Gura-gura di Toba Samosir, Sumatera Utara.



Uniknya lagi, air terjun ini juga memiliki sejuta misteri dengan aura mistisnya yang melekat. Madakaripura juga masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan keindahan air terjun ini benar-benar istimewa.

Air terjun ini berbentuk ceruk, dikelilingi bukit-bukit, dan di setiap dinding tebingnya dialiri air yang berasal dari atas. Setiap tetesannya akan membasahi tubuh para wisatawan, seolah-olah sedang terjadi hujan. Percikan-percikan air inilah yang disebut hujan abadi.

Air terjun Madakaripura nyatanya tidak terlepas dari legenda. Konon, tempat ini sebagai peristirahatan terakhir atau pertapaan pati Gajah Mada pada masa Kerajaan Majapahit.

Pada zaman dahulu kala, Majapahit memberikan Madakaripura sebagai hadiah atas kerja keras Mahapahit dalam membela kerajaan. Selain itu, ia juga sekaligus menghargai tekad dan kerja keras Gajah Mada dalam mempersatukan nusantara dengan sumpahnya yang terkenal dengan sebutan "Sumpah Palapa".



Hal itu diabadikan dengan adanya sebuah patung Gajah Mada yang diletakkan di sekitar air terjun. Sehingga selain indah, air terjun ini memiliki juga ternyata memiliki banyak nilai sejarah.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)