Pandemi Belum Berakhir, Masyarakat Harus Siap Hidup Berdampingan dengan Covid-19

loading...
Pandemi Belum Berakhir, Masyarakat Harus Siap Hidup Berdampingan dengan Covid-19
Pandemi Belum Berakhir, Masyarakat Harus Siap Hidup Berdampingan dengan Covid-19. Foto/MNC Media
JAKARTA - Virus Covid-19 diperkirakan akan tetap berada di sekitar kita. Masyarakatpun harus siap hidup berdampingan dengan Covid-19 karena, pandemi diprediksi tidak akan berakhir dalam waktu singkat.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Kamis (23/9/2021) saat mendamping Wakil Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi di Jakarta.

“Memang enggak ada pandemi yang selesai dalam waktu singkat. Yang paling pendek setahu saya itu 5 tahun. Juga ada yang sampai puluhan tahun bahkan ratusan tahun. Jadi kita mesti belajar hidup dengan mereka,” kata Menkes.

Budi Gunadi Sadikin mengatakan, untuk dapat hidup berdampingan dengan Covid-19, beberapa hal harus dilakukan, di antaranya mempercepat vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan.



Baca Juga: Makin Fashionable Pakai Blainkeinheim Shoes dari eMSHOP

Menkes mengingatkan, ada sejumlah negara yang capaian vaksinasinya tinggi tetapi kasus Covid-19 meningkat karena mereka mengabaikan protokol kesehatan.

“Kita lihat negara kayak Israel, Amerika Serikat vaksinasi tinggi tetap naik lagi karena mereka mengabaikan protokol kesehatan. Jadi teman-teman selain vaķsinasi, jangan euforia tetap waspada.”

Kondisi memang semakin membaik dalam beberapa waktu belakangan ini. Penambahan kasus positif Covid-19 harian selalu berada di bawah 5000. Pada Kamis 23 September 2021 misalnya, kasus positif bertambah 2.881. Selain itu, kasus sembuh dari Covid-19 tercatat 4.386 orang.

Namun pemerintah terus mengingatkan masyarakat agar tidak ada euforia berlebihan dan tetap mematuhi prokes: kurangi mobilitas, hindari kerumunan dan kegiatan harus lebih banyak dilakukan dari rumah, termasuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top