Stem Tuning Gitar Alip Ba Ta Tidak Standar, Sering Dipakai Gitaris Profesional

loading...
Stem Tuning Gitar Alip Ba Ta Tidak Standar, Sering Dipakai Gitaris Profesional
Stem tuning gitar Alip Ba Ta tidak standar dan menjadi ciri khas otentiknya. Namun, apa yang dilakukan Alip Ba Ta ini sering dipakai oleh gitaris profesional. Foto/YouTube.
JAKARTA - Stem tuning gitar Alip Ba Ta tidak standar dan menjadi ciri khas otentiknya. Namun, apa yang dilakukan Alip Ba Ta ini sering dipakai oleh gitaris profesional .

Musisi Aing Lee mengatakan bahwa stem tuning gitar Alip Ba Ta yang menggunakan berbagai teknik seperti artificial harmonic sering digunakan gitaris profesional. Teknik ini menghasilkan nada yang lebih unik dan keren.

“Buat kita gitaris yang masih amatiran mencoba teknik ini lebih dalam lagi agar seperti mas Alip. Selain artificial harmonic juga ada natural harmonic. Teknik yang dimainkan dia luar biasa dalam memainkan fingerstyle dan mengagumkan sekali serta banyak dikagumi orang termasuk saya, beliau sangat berkarakter sekali memainkan,” kata Aing Lee.

Alip Ba Ta juga menggunakan teknik sliding di semua lagu yang dimainkan. Ia mengubah sebuah nada tunggal di lagu aslinya menjadi chord dan menyetem senar di tengah aksinya menjadi ciri khas pria asal Ponorogo, Jawa Timur itu.



Ciri lainnya dari permainan Alip Ba Ta adalah selalu memainkan minimal tiga instrumen. Biasanya ia memainkan melodi, ritme (rhythm), dan vokal. Selain itu, ia juga menambahkan irama bass, drum, perkusi dan terkadang sambil memainkan suling atau recorder.

Baca Juga: Subscriber Alip Ba Ta Hampir 5 Juta, Seluruh Kontennya Penuh Pujian

“Ketika dia memainkan sebuah lagu campursari Nyidam Sari ciptaan (alm) Anjar Any, sang maestro keroncong, gitar yang dimainkan bang Alif tiba-tiba saja mengeluarkan bunyi musik seperti gamelan,” jelas Aing Lee.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hall dari kanal YouTube Quail Studios Gitar. Hall mengungkapkan stem atau tuning gitar yang dilakukan Alip Ba Ta sangat tidak standar hingga membuatnya merasa takjub.

"Saya suka dengan apa yang dia (Alip Ba Ta) lakukan dengan tapping itu sangat merata dan dia juga menggunakan banyak harmoni dan dia punya penyetelan yang berbeda, ini bukan penyetelan standar," ungkap Hall dikutip Sabtu (25/9/2021).

"Saya suka, tambahan yang dia lakukan pada melodi, itu sangat indah. Terlihat seperti pre bend yang dia lakukan di atas mur pada gitar meski dia sangat santai memiliki kendali atas apa yang dia lakukan. Itu luar biasa dan sangat bagus," sambungnya.

Menurut Hall, pemilik nama asli Alif Gustakhiyat itu melakukan tuning dengan tidak mendorongnya ke bawah. "Dia mematikan senar E-nya dan Akord yang dia lakukan itu yang kita sebut harmonic artificial. Tahan kuncinya dan dia akan menjadi artificial,” tutup Hall.



Baca Juga: Merek Gitar Alip Ba Ta Ternyata Tidak Hanya Satu, Apa Saja ya?
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top