Berawal dari Berbagi Seporsi Nasi, Warteg Jaya Kembali Jadi Gerakan Menginspirasi

Minggu, 26 September 2021 - 01:01 WIB
loading...
Berawal dari Berbagi Seporsi Nasi, Warteg Jaya Kembali Jadi Gerakan Menginspirasi
Program yang sudah berlangsung satu bulan ini juga menarik perhatian para influencer dari berbagai latar belakang. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali masih diperpanjang lagi guna menekan angka penularan Covid-19 . Sepanjang penerapannya, PPKM berhasil menekan angka kasus harian hingga saat ini.

Kendati demikian, di sisi lain, kebijakan itu juga menekan pendapatan dari berbagai sektor, termasuk salah satunya sektor kuliner . Di tengah situasi itu, Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) bergerak dan mendobrak keadaan dengan program rutinnya yang bertajuk Warteg Jaya Kembali.

Program tersebut berkolaborasi dengan perusahaan rintisan RumaTani, berbagi untuk masyarakat sekaligus juga membantu usaha warteg tetap berjaya di masa pandemi.

"Alhamdulillah, Program Warteg Jaya Kembali diapresiasi oleh Pemerintah. Kami perwakilan diundang ke istana untuk menyampaikan beberapa hal terkait UMKM. Bapak Presiden Joko Widodo pun mengabulkan salah satu permohonan kami terkait permodalan atau insentif selama PPKM ini," ungkap Ketua Kowantara, Mukroni dalam keterangan persnya Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: 7 Tips Memaksimalkan Konsultasi Dokter Secara Online di Masa Pandemi

Uniknya program yang sudah berlangsung satu bulan ini juga menarik perhatian para influencer dari berbagai latar belakang. Seperti Katon Adjie @katon17adjie, pebasket profesional dari tim Pelita Jaya; Noella Sisterina @noellasisterina, presenter olahraga; Noel Ishak, pegiat media sosial; dan Fahri Azmi, pegiat medsos.

Mereka turut peduli dan ingin membantu para pemilik warteg dan UMKM yang terdampak pandemi. Mereka bersama-sama bergerak untuk mengajak followers-nya mendukung para pengusaha Warteg untuk terus dapat berbagi kepada masyarakat.

Tidak tanggung-tanggung, para influencer bersama RumaTani pun membuka donasi di platform kitabisa.com. "Donasi yang terkumpul, nantinya kita akan belikan paket nasi dan lauk di warteg, kemudian akan dibagikan gratis untuk masyarakat," kata Katon Adjie.

Menurut Noella, program Warteg Jaya Kembali dan aksi Jumat Nikmat Kowantara dan RumaTani merupakan aksi yang sangat mulia. "Bayangin deh, kita bisa berbagi bukan hanya ke masyarakat tapi juga turut menghidupkan kembali warteg-warteg yang tengah mati suri di masa pandemi ini," ucapnya.

Baca juga: Nasi Dapat Menyebabkan Kanker Jika Tidak Dimasak dengan Benar

Melalui kampanye Warteg Jaya Kembali dan aksi Jum'at Nikmat, masyarakat dapat ikut andil untuk saling bahu-membahu dalam situasi pandemi saat ini agar bisa bangkit kembali.

"Gerakan ini sebenarnya bukan hanya soal donasi atau berbagi semata, kami di RumaTani melihatnya sebagai sebab utama yang dapat menjadi penggerak kebangkitan ekonomi Indonesia. Ekonomi kerakyatan yang dimulai dari skala mikro dan gotong-royong khas bangsa ini," tutup CEO RumaTani, Edwin Rahmat.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7497 seconds (0.1#10.140)