7 Tips Memaksimalkan Konsultasi Dokter Secara Online di Masa Pandemi

loading...
7 Tips Memaksimalkan Konsultasi Dokter Secara Online di Masa Pandemi
Konsultasi medis secara daring atau telemedicine menjadi hal yang semakin diminati dan menjadi pilihan di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah mengubah cara hidup masyarakat selama ini. Salah satunya adalah meningkatnya peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam memperoleh layanan kesehatan .

Konsultasi medis secara daring ( telemedicine ) menjadi hal yang semakin diminati dan menjadi pilihan di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat.

"Meskipun tidak serta merta menggantikan konsultasi tatap muka dengan dokter, telemedicine menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap perawatan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau," ucap Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Endokrin-Metabolik-Diabetes), dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES, dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Menurutnya, kehadiran telemedicine berguna bagi pasien dengan keterbatasan mobilitas karena kondisi kesehatannya. Perjuangan pasien dan caregiver untuk ke klinik atau rumah sakit bisa diminimalkan.



Baca juga: Masakan Sehat dan lezat dengan Lock N Lock Halogen Oven dari eMShop

Sebagai hal yang relatif baru, edukasi mengenai pemanfaatan telemedicine masih dibutuhkan. Untuk itu, dr. Roy membagikan 7 tips untuk memaksimalkan konsultasi dokter secara online melalui fitur video call diantaranya

1. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan dan hasil pemeriksaan lab terbaru. Persiapan pertanyaan penting agar bisa mendapatkan data yang lengkap atas informasi yang dibutuhkan.

2. Ajukan maksud pertemuan dan keluhan yang ada dengan rinci.

Contoh: "Dok, ketika makan tadi pagi saya muntah". Usahakan menjelaskan keluhan pada permasalahan utama dan tidak melebar ke mana-mana.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top