9 Aktor yang Berandil Besar dalam Film Pengkhianatan G30S/PKI

Rabu, 29 September 2021 - 14:37 WIB
loading...
9 Aktor yang Berandil Besar dalam Film Pengkhianatan G30S/PKI
Meski kini banyak dicibir masyarakat, tak bisa dimungkiri bahwa film Pengkhianatan G30S/PKI adalah sarana terbesar dalam mengenang penumpasan PKI. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Menjelang 30 September, Indonesia kembali mengenang kejadian berdarah yang terjadi pada 1965 silam, G30S/PKI. Selain lewat kisah-kisah buku sejarah, tak sedikit orang yang menengok film propaganda Pengkhianatan G30S/PKI sebagai media pengingat dan pembuka mata.

Meski kini banyak dicibir masyarakat karena kisahnya yang terlalu sadis dan menampilkan banyak adegan yang didramatisir, tak bisa dimungkiri bahwa film Pengkhianatan G30S/PKI adalah sarana terbesar dalam mengenang penumpasan Partai Komunis Indonesia.

Dirilis pada 1984, film ini dibuat dengan bujet sebesar Rp800 juta, dan ketika rampung, ditayangkan tiap tahun di saluran TVRI ketika Indonesia masih berada di bawah kepemimpinan Soeharto.

Baca juga: Gejala Serangan Jantung yang Muncul Beberapa Hari Sebelum Kejadian

Menggandeng banyak aktor untuk memerankan tiap tokoh penting Gerakan 30 September, berikut ini sembilan aktor yang punya andil besar dalam film Pengkhianatan G30S/PKI.

1. Umar Kayam

Umar Kayam, lahir pada 1932 di Ngawi pada zaman penjajahan Belanda, adalah seorang penulis, budayawan, dan akademisi yang sempat didaulat sebagai Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Di film Pengkhianatan G30S/PKI, Umar berperan sebagai sosok Soekarno yang dikisahkan sedang sakit dan menjelang ajal. Umar Kayam sendiri wafat pada 16 Maret 2002.

2. Amoroso Katamsi

Sebagai anggota TNI, Amoroso juga sempat menjajal dunia akting yang dimulai sejak 1976 dalam film Cinta Abadi. Lahir pada 1938, Amoroso adalah pemeran Soeharto dalam film G30S/PKI yang membuat namanya melejit di dunia perfilman Indonesia, membuatnya diundang ke film Djakarta 1966 beberapa tahun kemudian, di mana dia kembali berperan di samping Umar Kayam.

3. Syubah Asa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)