Gejala Serangan Jantung yang Muncul Beberapa Hari Sebelum Kejadian

Rabu, 29 September 2021 - 13:18 WIB
loading...
Gejala Serangan Jantung yang Muncul Beberapa Hari Sebelum Kejadian
Gejala serangan jantung bisa muncul beberapa hari sebelum kejadian. Serangan jantung terjadi ketika arteri menuju jantung terkadang tersumbat sebagian. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Gejala serangan jantung bisa muncul beberapa hari sebelum kejadian. Ini karena serangan jantung terjadi ketika arteri yang menuju jantung menjadi darah dan terkadang tersumbat sebagian.

Hal tersebut menjelaskan bahwa gejala serangan jantung tidak selalu datang tiba-tiba, tetapi sebaliknya secara bertahap. Di mana gejala bisa muncul pada hari-hari menjelang peristiwa, namun diabaikan.

Dilansir dari Express, Rabu (29/9/2021) jenis gejala ini, para peneliti telah memperingatkan, dapat membingungkan baik bagi profesional kesehatan maupun penderita serangan jantung.

Salah satu gejala yang sering diabaikan atau dianggap sebagai gangguan pencernaan adalah sakit perut . Ketidaknyamanan di daerah perut ini seperti mual, perut kosong atau penuh, merasa kembung atau sakit perut.

Perasaan tidak nyaman di daerah perut ini dapat terjadi baik pada pria maupun wanita. Sakit perut didiagnosis pada 50% kasus serangan jantung dan terjadi dalam beberapa episode.


Ini berarti kram dapat mereda dan kembali untuk waktu yang singkat, dan ketegangan fisik selama fase ini dapat memperburuk sakit perut. Gejala serangan jantung lainnya termasuk kelelahan.

Gejala tersebut lebih sering dilaporkan terjadi pada wanita daripada pria. Rambut rontok, sesak napas dan insomnia adalah gejala awal lainnya dari kondisi yang terlalu sering diabaikan.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam European Journal of Cardiovascular Nursing, menemukan bahwa sementara 57% pasien melaporkan onset gejala mendadak, sisanya 43% mengalami onset gejala bertahap.

Penulis penelitian menjelaskan bahwa kedua jenis gejala dianggap darurat medis dan memerlukan penanganan segera. Selain itu, mesin EKG tidak mendeteksi gejala bertahap ini sebagai abnormal, yang selanjutnya dapat menunda pengobatan.

"Kadang-kadang jika Anda mengalami serangan jantung, Anda merasa ingin sakit - mereka pikir itu semua karena apa yang mungkin mereka makan. Biasanya gejala ini tidak berlangsung selama beberapa hari, tetapi beberapa jam," kata peneliti.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2596 seconds (0.1#10.140)