Jaga Ketahanan Pangan dengan Mengurangi Limbah Makanan

Rabu, 29 September 2021 - 14:21 WIB
loading...
Jaga Ketahanan Pangan dengan Mengurangi Limbah Makanan
Sisa-sisa makanan yang tidak dikonsumsi kerap menjadi sampah yang disia-siakan. / Foto: ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sisa-sisa makanan yang tidak dikonsumsi kerap menjadi sampah yang disia-siakan. Limbah tersebut pada akhirnya hanya memiliki tiga nasib akhir.

Pertama, menggunung dan perlahan berubah menjadi gas metana (gas rumah kaca) yang memperparah tingkat pemanasan global. Kedua, berakhir mengotori dan menjadi polusi di laut yang membahayakan biota laut.

Terakhir, limbah tersebut diolah oleh pemerintah dengan cara memindahkan, membakar, dan menghancurkan limbah makanan.

Namun, untuk mengolah limbah tersebut, pemerintah perlu mengeluarkan biaya Rp5,4 juta setiap satu ton-nya. Untuk mengatasi problematika tersebut, tak hanya usaha dari industri penghasil makanan yang perlu melakukan kontrol produksi dan distribusi, namun, usaha dari setiap individu juga sangat berarti.

Baca juga: Resep Bubur Ayam Kaki Lima, Enak dan Gurih untuk Sarapan

Corporate Brand Manager Kirin, Eka Arli Chandra mengatakan, Kirin SisaBisa merupakan rangkaian acara dari Kirin untuk mengingatkan masyarakat jika makanan yang tersisa dari dapur tidak perlu terbuang sia-sia dan berakhir menjadi limbah makanan. Melainkan, makanan tersebut dapat diolah kembali menjadi hidangan baru.

"Mengurangi limbah makanan merupakan salah satu cara untuk menjaga ketahanan pangan. Event Kirin SisaBisa ini diharapkan dapat memberi kesadaran dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai upaya yang bisa kita lakukan untuk mengurangi limbah makanan, yakni dengan memanfaatkan makanan sisa di dapur untuk diolah kembali menjadi hidangan baru yang kaya rasa," kata Eka melalui keterangannya, Rabu (29/9/2021).

Dipandu guru masak selebritas di LadyBake Cooking Class, Putri Habibie, acara Kirin SisaBisa memiliki 8 episode dan ditayangkan di Instagram Kirin setiap Jumat, 16 Juli-3 September 2021.

Di setiap episodenya, Kirin SisaBisa menghadirkan beragam narasumber ternama yang terkait dengan dunia kuliner. Para pembicara ini antara lain Alun Rahmadani dari Foodpreparation Indonesia; Healthy Lifestyle Influencer, Tri Janita; Founder Garda Pangan, Eva Bachtiar; Influencer Kuliner Gastronomoe, Chef Degan Septoadji; Co-Founder FoodCycle Indonesia, Astrid Paramita; dan Food Blogger, Windi Iwandi.

Baca juga: Gejala Diabetes Tipe 2 saat Tidur yang Tunjukkan Kondisi Kronis

Para pembicara tersebut tak hanya membicarakan mengenai pengelolaan makanan sisa. Tapi juga memberikan solusi dan inspirasi dengan cara berbagi resep-resep ampuh dengan bahan-bahan sisa yang kerap dibuang.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)