Presiden Jokowi Hadiri Atlantic Council Global Food Security Forum untuk Atasi Kerawanan Pangan di KTT G20

Rabu, 16 November 2022 - 10:10 WIB
loading...
Presiden Jokowi Hadiri Atlantic Council Global Food Security Forum untuk Atasi Kerawanan Pangan di KTT G20
Presiden Jokowi memberi sambutan dalam Atlantic Council Global Food Security Forum bersama Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi memberi sambutan dalam Atlantic Council Global Food Security Forum bersama Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation belum lama ini. Tak hanya itu, pertemuan tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan musisi ternama seperti John Legend, US Air Force Band Pacific, dan Sandhy Sondoro.

Kehadiran Presiden Jokowi dan para musisi menjadi penutup pertemuan tingkat tinggi serta presentasi dari para pemimpin mengenai kegentingan isu keamanan pangan. Hal ini membuahkan progres dari isu tersebut di saat para pemimpin dunia berkumpul di Bali untuk forum G20.

“Penghambatan pasokan gandum oleh Vladimir Putin memberikan tekanan yang lebih besar pada masalah sistem pangan global yang selama ini terjadi di masa pandemi, dan mempercepat perubahan iklim,” kata CEO dari Atlantic Council Frederick Kempe melalui siaran resminya, Rabu (16/11/2022).

“Saya bangga Atlantic Council dapat berkumpul di KTT G20 bersama dengan Presiden dari negara tuan rumah, pembuat kebijakan dan para pakar, serta pemain musik dunia dalam menggaungkan pembicaraan masalah keamanan pangan di G20. Dan saya berterima kasih kepada mitra kami yang telah membuat acara ini sukses," tambahnya.

Atlantic Council Global Food Security Forum didukung oleh Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation serta bekerja sama dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Forum ini mengumpulkan para pemimpin ketahanan pangan skala internasional, regional, dan lokal, termasuk pejabat pemerintah, sektor privat, media, pakar akademis, serta pemimpin masyarakat sipil.

“Saya senang dapat bergabung dengan Atlantic Council dalam menyelenggarakan pertemuan pemimpin global untuk menanggapi ancaman kerawanan pangan,” kata Gaurav Srivastava, Founder of the Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation.

“Forum tingkat tinggi selama dua hari ini telah memperkuat kesadaran serta keinginan kita untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan dan energi dengan meningkatkan kolaborasi antarpemangku kepentingan di tingkat nasional, regional, dan global," lanjutnya.

Selain sambutan dari Presiden Jokowi dan para menteri, the Atlantic Council Global Food Security Forum turut menghadirkan Pemimpin Senat Mayoritas Amerika Serikat Chuck Schumer; Perwakilan Permanen Amerika Serikat untuk Badan PBB di Roma Cindy McCain; Senat dari Michigan dan Ketua Komite Agrikultur Senat untuk Amerika Serikat Deborah Stabenow; Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov; serta Dewan Perwakilan Amerika Serikat dari New York Patrick Ryan.

“Jutaan orang di dunia tengah menghadapi kelaparan akut sebagai akibat dari tingginya harga energi yang mengdisrupsi sistem pangan,” kata Prabowo Subianto dalam sambutannya.

“Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung, namun kita tidak bisa mengacuhkan ancaman krisis pangan global. Saya bangga bisa mengambil bagian dalam forum penting ini untuk mengembangkan respons yang efektif,” tambahnya.

Sementara itu John Legend, US Air Force Band Pasific, dan Sandhy Sandoro menutup acara dengan penampilan mereka.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2227 seconds (0.1#10.140)