Sambut Antusiasme Publik, Krajan Batik Tegaskan Identitas Batik Tulis

Kamis, 30 September 2021 - 22:52 WIB
loading...
Sambut Antusiasme Publik, Krajan Batik Tegaskan Identitas Batik Tulis
Kreasi batik tulis merupakan sebuah produk budaya bangsa yang tidak boleh terlepas dari akarnya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober, pendiri Krajan Batik, Christian mengungkapkan bahwa kreasi batik tulis merupakan sebuah produk budaya bangsa yang tidak boleh terlepas dari akarnya.

Oleh karena itu, busana batik tulis Krajan Batik terus mendapat sambutan dan dukungan dari berbagai pihak. Selain karena kualitasnya, cara Krajan Batik mempertahankan identitas batik tulis membuat produk-produknya memiliki pelanggan dari beragam kalangan.

"Sebagaimana telah diketahui, kami memiliki komitmen yang besar untuk menjaga nilai dari batik tulis. Selama lebih dari 10 tahun belakangan, fokus kami menghasilkan produk busana batik tulis yang didesain dan dijahit menjadi pakaian siap pakai lengkap dengan esensi dan atribut budayanya," papar Christian melalui keterangan tertulisnya, Kamis (30/9/2021).

Atribut budaya, lanjut dia, adalah hal-hal yang pada akhirnya membuat orang mampu membedakan batik tulis dari jenis batik lain.

Baca juga: Lisa BLACKPINK Minta Maaf usai Dikritik Lakukan Perampasan Budaya lewat Klip Money

Sebagai salah satu budaya bangsa, batik tulis dibuat dengan konsep membatik yang unik. Jenis batik ini memiliki proses pengerjaan yang cukup panjang. Selain karena dibuat secara handmade, juga karena sifat pemotifannya yang khas. Ketika kain batik tulis dibuat menjadi busana modern, dia akan membawa serta kekhasan motifnya.

Kualitas menjadi alasan nomor satu mengapa Krajan Batik mendapatkan kepercayaan dari publik sebagai salah satu pusat kreasi batik tulis. "Kami bangga bahwa masyarakat mengingat Krajan Batik sebagai produsen batik berkualitas tinggi. Itu adalah hasil dari konsistensi selama bertahun-tahun," ucap Christian.

Menurutnya, paling pertama, tentunya pemilihan jenis bahan. Kain sutra dan katun premium sangat ideal sebagai bahan dasar batik tulis. Pasalnya, bahan yang bagus menentukan pula kualitas pemotifan dan tingkat kecerahannya. "Kami diakui karena tetap bertahan dengan kualitas yang ada, meskipun memang harganya sedikit lebih mahal dari jenis bahan lain," kata dia.

Baca juga: The F Thing Luncurkan Soulyu, Kosmetik Halal dan Berkualitas Tinggi ala Korean Look

Kedua, jenis bahan dasar yang digunakan Krajan Batik memastikan mata rantai kualitas premium dari produk-produk batik tulis, mulai dari penulisan motif hingga penjahitannya menjadi jenis pakaian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3045 seconds (0.1#10.140)