Hari Kopi Sedunia, Jumlah Pecinta Kopi di Indonesia Terus Menanjak

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 15:03 WIB
loading...
Hari Kopi Sedunia, Jumlah Pecinta Kopi di Indonesia Terus Menanjak
Mulai dari pagi hari, siang, hingga sore hari, banyak orang Indonesia yang tidak pernah absen minum kopi setiap harinya. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Setiap 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia. Ini bertujuan untuk tidak sekadar kegiatan menikmati secangkir kopi, namun juga perayaan keragaman, kualitas, dan semangat di semua sektor kopi.

Kesempatan ini juga merupakan momen bagi para pecinta kopi untuk berbagi pengalaman akan kecintaannya pada minuman kopi sekaligus mendukung jutaan petani yang mata pencahariannya menanam kopi.

Rupanya tak hanya di luar negeri, masyarakat Indonesia pun sangat antusias dalam menikmati secangkir kopi. Mulai dari pagi hari, siang, hingga sore hari, banyak yang tidak pernah absen minum kopi setiap harinya.

Berdasarkan Data International Coffee Organization (ICO), selama lima tahun terakhir tren mengkonsumsi kopi di Indonesia terus meningkat.

Baca juga: Maria Vania Suka Makan Pisang sebelum Olahraga, Ini Manfaatnya

Pada 2018-2019, jumlah konsumsi kopi mencapai 4.800 atau 288 ribu kilogram. Sementara pada 2014-2015, jumlah konsumsi kopi 4.417 kantong. Tahun berikutnya mencapai 4.550 kantong.

Artinya, banyak muda mudi maupun orang tua yang gemar menyeruput kopi. Hal ini juga dapat dilihat dari gerai-gerai kopi yang mulai betebaran. Rata-rata, gerai tersebut pun ramai pengunjung.

Baca juga: Hampir 100 Persen Penyandang Disabilitas di Jawa-Bali Sudah Divaksin Dosis Pertama

Terlebih di Indonesia ada banyak sekali jenis kopi. Beberapa kopi dari Indonesia yang populer di dunia di antaranya Kopi Arabika Gayo Aceh, Kopi Arabika Kintamani, Kopi Arabika Toraja, Kopi Arabika Java Ijen Raung, Kopi Liberika, Rangsang Meranti, Kopi Arabika Flores Bajawa, dan Kopi Robusta Temanggung.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)