Ini 5 Jenis Kopi Asli Nusantara yang Go International

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 15:26 WIB
loading...
Ini 5 Jenis Kopi Asli Nusantara yang Go International
Indonesia dikenal memiliki beragam jenis kopi yang nikmat dari berbagai daerah yang berhasil mendunia. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - 1 Oktober tidak hanya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, namun juga Hari Kopi Sedunia. Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki beragam jenis kopi yang enak dari berbagai daerah yang berhasil mendunia.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, setelah Brasil dan Kolombia. Kopi asal Indonesia memiliki khas tersendiri pada aroma dan rasanya.

Banyak kopi dari Indonesia yang populer di dunia seperti Kopi Arabika Gayo Aceh, Kopi Arabika Kintamani Bali, Kopi Arabika Toraja, Kopi Arabika Bajawa Flores, dan Kopi Robusta Temanggung.

Dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (1/10/2021), berikut ulasan kopi-kopi asal Indonesia yang sukses mendunia.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Ini Sejarah Singkat dan Maknanya

1. Kopi Arabika Gayo, Aceh

Kopi yang paling terkenal di Aceh ini bernama Kopi Gayo (Arabica) yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi ini memiliki aroma yang sangat tajam, sehingga banyak disukai para penikmat kopi.

Cita rasa Kopi Gayo sendiri tidak seperti kebanyakan kopi, yang masih meninggalkan rasa pahit di lidah, hal ini tidak demikian pada Kopi Gayo karena rasa pahitnya yang hampir tidak terasa.

2. Kopi Arabika Kintamani, Bali

Kopi nusantara yang satu ini memiliki karakteristik cita rasa kesegaran dari asam (citrus) seperti jeruk. Aromanya dianggap eksotis dilengkapi dengan tekstur yang light, membuat kopi ini tidak terlalu terasa pahit dan tidak meninggalkan rasa pekat setelahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)