Mengenal Kopi Gayo, Kopi Arabika asal Aceh yang Mendunia

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 18:09 WIB
loading...
Mengenal Kopi Gayo, Kopi Arabika asal Aceh yang Mendunia
Mengenal Kopi Gayo, Kopi Arabika asal Aceh yang Mendunia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Aneka ragam kopi Indonesia telah dinikmati pecinta kopi di seluruh dunia.

Salah satu kopi terbaik tanah air yang banyak dikenal dunia adalah kopi Gayo. Kopi ini merupakan varietas kopi Arabika, salah satu komoditi unggulan yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh .

Berikut ulasan kopi Gayo asal Aceh yang mendunia, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/10/2021).

1. Sejarah Kopi Gayo

Pada masa pendudukan, Belanda membuka puluhan hektar lahan kopi dan dikelola oleh penduduk di dataran tinggi Aceh. Kopi Gayo sendiri banyak ditanam di daerah Bener Meriah, Takengon, Gayo Lues, dan sekitarnya.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Kopi Asli Nusantara yang Go International

Pemerintah Belanda saat itu menerapkan peraturan bahwa penduduk lokal hanya diperbolehkan mengonsumsi kopi Robusta. Sementara itu, varian kopi Arabika Gayo diekspor ke luar negeri. Faktor inilah yang menjadi awal mula kenikmatan kopi Gayo terkenal hingga ke seluruh dunia.

2. Perkebunan Kopi Gayo

Ada dua tempat tumbuhnya tanaman kopi Gayo, yaitu Takengon, Aceh Tengah dan Bener Meriah. Hamparan luas perkebunan kopi tumbuh di dataran seluas 95.000 Ha dengan ketinggian kurang lebih 1200 meter. Dengan suhu udara yang rendah, sekitar 20 derajat celcius, di daratan tinggi ini cocok sekali untuk menumbuhkan beraneka varietas tananam kopi.

3. Cita Rasa
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1639 seconds (10.101#12.26)