Studi Terbaru: Vaksin Covid-19 dan Flu Aman Diberikan dalam Waktu yang Sama

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 18:59 WIB
loading...
Studi Terbaru: Vaksin Covid-19 dan Flu Aman Diberikan dalam Waktu yang Sama
Studi Terbaru: Vaksin Covid-19 dan Flu Aman Diberikan dalam Waktu yang Sama. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Studi yang dipimpin oleh University of Bristol, menunjukkan aman bagi orang yang menerima vaksin Covid-19 juga mendapatkan vaksin influenza dalam waktu yang sama, dikutip Reuters, Jumat (1/10/2021).

Dalam hasil studi yang disiarkan pada Kamis 30 September 2021 kemarin, memperlihatkan pemberian vaksin Covid-19 dan vaksin flu dalam waktu bersamaan tidak ada dampak negatif terhadap respons kekebalan yang dihasilkan oleh keduanya.

Hanya ada efek samping skala ringan hingga sedang, dalam studi penelitian pengujian vaksin Covid-10 Pfizer atau AstraZeneca dengan tiga vaksin flu tersebut.

Penelitian digelar dengan melibatkan kurang lebih sebanyak 679 orang relawan di 12 titik lokasi di seluruh Inggris dan Wales.



Para relawan diketahui menerima vaksin Covid-19 dan vaksin flu di hari yang sama, namun di dua lengan berbeda atau dengan kata lain di titik penyuntikan yang berbeda.

Para relawan dibagi dalam dua kelompok, satu kelompok disuntik vaksin Covid-19 dan vaksin flu pada saat kunjungan pertama, lalu suntikan plasebo ketika kunjungan kedua.

Sementara kelompok lainnya, disuntik vaksin Covid-19 dan plasebo di dalam satu hari yang sama, kemudian diikuti dengan vaksin flu pada hari kedua.

Studi ini menemukan sebanyak 97 persen dari peserta mengatakan mereka ke depannya bersedia untuk disuntik dua vaksin, vaksin Covid-19 dan vaksin flu secara bersamaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)