Desa Rigis Jaya di Lampung Barat, Surga bagi Para Pecinta Kopi

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 19:56 WIB
loading...
Desa Rigis Jaya di Lampung Barat, Surga bagi Para Pecinta Kopi
Kopi yang dihasilkan masyarakat desa wisata Rigis Jaya, Lampung, merupakan salah satu kopi terbaik di Indonesia.
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Lampung. Salah satu agendanya adalah mengunjungi desa wisata Rigis Jaya di Kecamatan Air Hitam.

Menurut Sandi, salah satu produk unggulan desa wisata Rigis Jaya adalah kopi. Dia menilai, kopi yang dihasilkan masyarakat setempat merupakan salah satu kopi terbaik di Indonesia. Tak heran jika Desa Rigis Jaya dijuluki Kampoeng Kopi.

"Pecinta kopi, kalian wajib berkunjung ke Desa Rigis Jaya yang terkenal dengan Kampung Kopi, surga bagi para penikmatnya," ujar Sandi dalam keterangan persnya, Jumat (1/10/2021).

Begitu tiba di Desa Rigis Jaya, Sandi diarak dengan awan gemisikh dan atraksi silat serta tari sembah yang merupakan tradisi penyambutan tamu agung masyarakat adat.

Baca juga: Mengenal Manfaat dan Risiko Kekurangan Vitamin D Terhadap Kecantikan

Selanjutnya, di Kampung Kopi Rigis Jaya yang saat ini sudah masuk 50 besar ADWI 2021 ini, Sandi berkeliling melihat secara langsung bazar UMKM dan produk kreatif komunitas Lampung Barat.

Dalam bazar terdapat produk UMKM dan berbagai kerajinan turunan dari kopi. Pria yang akrab disapa Mas Menteri itu pun secara langsung ikut menumbuk kopi dengan alat tradisional.

"Terasa betul semangat optimisme dari masyarakat bahwa ekonomi dan lapangan kerja akan kembali bangkit. Saya juga melihat langsung bagaimana kopi diolah menjadi suatu produk ekonomi kreatif yang bernilai tinggi dan menjadi daya tarik bagi wisatawan," ungkap Sandi.

Baca juga: Hari Kopi Sedunia, Jumlah Pecinta Kopi di Indonesia Terus Menanjak

Sandi pun mengapresiasi keberhasilan kolaborasi masyarakat Lampung Barat yang berhasil menyulap kebun kopi menjadi desa wisata.

"Diharapkan ini menjadi awal kebangkitan bagi dunia pariwisata di Kabupaten Lampung Barat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19," kata Sandiaga.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1945 seconds (11.210#12.26)