Catat! Ini Negara yang Boleh Masuk Lewat Bandara Ngurah Rai Bali

Senin, 04 Oktober 2021 - 19:58 WIB
loading...
Catat! Ini Negara yang Boleh Masuk Lewat Bandara Ngurah Rai Bali
Pemerintah akan mengizinkan sejumlah negara masuk lewat Bandara Ngurah Rai Bali. Pintu bandara untuk wisatawan mancanegara akan dibuka pada 14 Oktober 2021. Foto/dok SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan mengizinkan sejumlah negara masuk lewat Bandara Ngurah Rai Bali . Pintu bandara untuk wisatawan mancanegara rencanannya akan dibuka pada 14 Oktober 2021.

Masih ada 10 hari lagi untuk menentukan beberapa hal, termasuk negara mana saja yang diizinkan masuk secara langsung.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno , hingga sekarang pemerintah belum memiliki keputusan akhir terkait dengan hal tersebut.

"Persiapan masih digodog, sehingga kami belum mempunyai laporan final negara mana saja yang diizinkan masuk ke Indonesia secara langsung lewat Bandara Ngurah Rai, Bali," papar Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing, Senin (4/10/2021).


Meski demikian, Sandiaga meyakini bahwa negara-negara yang nantinya akan diberi izin masuk Indonesia memenuhi kriteria keamanan dan keselamatan masyarakat Indonesia dari risiko paparan virus corona dari negara luar.

"Salah satu kriteria yang mungkin mesti dipenuhi oleh negara yang boleh datang secara langsung ke Indonesia lewat Bandara Ngurah Rai adalah negara yang angka kasus Covid-19-nya terkendali," ungkap Sandiaga.

Tak hanya itu, kriteria lainnya yang tak kalah penting adalah metode tes Covid-19 yang dipakai oleh negara tersebut. Apakah tes yang dilakukan sesuai standar yang diberlakukan di Indonesia atau tidak.

Ini menjadi penting karena cukup berkaitan dengan persoalan penyebaran Covid-19 di masyarakat. Artinya, jika tes berbeda, maka akan memungkinkan memicu munculnya kasus Covid-19.


"Jadi, keputusan negara mana saja yang akan diizinkan masuk ke Indonesia belum ada. Namun mungkin akan kami umumkan beberapa hari ke depan sebelum akhirnya tanggal 14 Oktober pintu masuk itu dibuka," tandas Sandiaga.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)