Film The Batman dan Fantastic Beasts Kembali Syuting di Tengah Pandemi

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:31 WIB
loading...
Film The Batman dan Fantastic Beasts Kembali Syuting di Tengah Pandemi
The Batman dan Fantastic Beasts bersiap untuk memulai kembali syuting, meski pandemi Covid-19 belum tuntas. Kendati demikian, ada aturan keselamatan yang harus diterapkan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - The Batman dan Fantastic Beasts telah diberikan lampu hijau untuk memulai kembali syuting, setelah pemerintah dan badan kesehatan Inggris menandatangani aturan keselamatan virus corona baru penyebab pandemi Covid-19.

Persetujuan pedoman baru membuka jalan bagi industri produksi film dan televisi kelas atas Inggris, yang mencakup seharga 1 juta GBP atau setara dengan Rp18.118.375.080 per episode.

Syuting film yang kembali dimulai ini, setelah terhenti dalam menghadapi penyebaran virus corona, disambut hangat penyiar, layanan streaming dan pemilik bioskop terkait kemungkinan kekeringan konten di masa depan.

Selain itu, menggeliatnya kembali industry perfilaman juga akan menjadi berita baik bagi puluhan ribu pekerja lepas film dan pekerja lepas wiraswasta, mulai sutradara dan operator kamera hingga pembuat prop dan penata rias, yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan keuangan pemerintah dan berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dilansir The Guardian, pedoman disusun oleh Komisi Film Inggris dan Institut Film Inggris, termasuk aturan jarak fisik, pelatihan keselamatan dan uji suhu. (Baca juga: Hasil Studi Tegaskan Jaga Jarak dan Pakai Masker Kurangi Risiko COVID-19 ).

Dokumen tersebut telah ditandatangani oleh Departemen Kebudayaan, Media dan Olahraga (DCMS), Kesehatan Masyarakat Inggris dan Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan. Namun, masih tergantung pada masing-masing produksi individu untuk memutuskan bagaimana, dan kapan, untuk memulai kembali pembuatan film.

"Kami telah bekerja keras untuk mendukung industri melalui masa-masa sulit ini dan saya senang kami bisa menyetujui langkah maju ini untuk membuat kamera berputar kembali dengan aman," kata Sekretaris budaya, Oliver Dowden.

Warner Bros, yang sedang syuting The Batman dan angsuran ketiga dari waralaba Fantastic Beasts di Inggris, tertarik untuk melanjutkan produksi secepat mungkin dengan aman. Produksi utama lainnya di Inggris termasuk film live-action Little Mermaid, yang dihentikan Disney syuting di Pinewood Studios, dan seri anggaran besar Netflix The Witcher.

"Ini adalah lampu hijau yang menandakan bahwa Inggris terbuka untuk bisnis lagi untuk produksi film dan TV kelas atas," ujar seorang sumber industri.

"Banyak produksi harus bangun dan berjalan lagi dalam dua bulan ke depan atau mereka tidak akan dibuat tahun ini karena mereka bergantung pada cuaca dan kondisi musim panas," sambungnya.

Adapun produksi film besar dan acara TV telah ditutup sejak pertengahan Maret. Tepatnya, ketika Line of Duty dan Peaky Blinders, dua acara paling populer di televisi Inggris, adalah produksi Inggris pertama yang menunda pembuatan film.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)