Jangan Lengah, Terus Perkuat Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi

Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:48 WIB
loading...
Jangan Lengah, Terus Perkuat Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi
Dalam situasi pandemi Covid-19, benteng kesehatan dalam keluarga harus tetap dipertahankan kekuatannya. / Foto: ilustrasi/UW Medicine
A A A
JAKARTA - Dalam situasi pandemi Covid-19 , benteng kesehatan dalam keluarga harus tetap dipertahankan kekuatannya. Itu dilakukan sebagai upaya untuk kembali beraktivitas dan mobilitas, serta menjaga kewaspadaan akan adanya varian baru apabila musim berubah.

"Persis September tahun lalu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) sudah meluncurkan dan mengenalkan panduan protokol Kesehatan keluarga," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, belum lama ini.

Poin terpenting dalam panduan tersebut adalah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang berlaku. Protokol tersebut di antaranya pakai masker dengan baik dan benar, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak aman dari orang lain, menjauhi kerumunan dan tentunya membatasi mobilitas.

Baca juga: Ini 6 Artis yang Sudah Siapkan Warisan buat Anaknya

"Dengan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi belakangan ini, keluarga wajib sekali selektif dalam melakukan bepergian, pastikan tidak ada alternatif lain apabila terpaksa harus keluar rumah," terang dr Reisa.

Dia menegaskan, poin penting lainnya adalah pastikan tubuh dalam kondisi sehat, cek suhu sebelum keluar rumah, bawa semua keperluan prokes yang diperlukan. Beberapa di antaranya masker cadangan, hand sanitizer, tempat untuk menaruh masker limbah dan pastikan keluar rumah untuk kembali produktif bukan untuk menyebarkan penyakit.

Baca juga: Lesti Kejora Blak-blakan Hamil 6 Bulan dan Siap Melahirkan Januari 2022

"Yang ketiga, ketika pulang ke rumah, jangan langsung bersentuhan dengan anggota keluarga atau bahkan barang-barang yang dipakai bersamaan dengan anggota keluarga lain seperti alat makan," ujar dr Reisa.

"Pastikan untuk menerapkan protokol pulang ke rumah dengan ketat. Bersihkan bawaan dari luar rumah, segera mandi lalu bersihkan seluruh anggota badan dan ganti pakaian bersih sebelum kontak dengan anak atau anggota keluarga lainnya. Penting untuk menerapkan hal-hal detail tersebut," lanjutnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2959 seconds (0.1#10.140)