Alip Ba Ta Disebut One Man Band, Bisa Main Banyak Instrumen Hanya dengan Gitar

Selasa, 05 Oktober 2021 - 17:03 WIB
loading...
Alip Ba Ta Disebut One Man Band, Bisa Main Banyak Instrumen Hanya dengan Gitar
Alip Ba Ta disebut One Man Band lantaran bisa memainkan banyak instrumen secara bersamaan hanya dengan gitar. Kemampuan Alip Ba Ta sudah diakui musisi dunia. Foto/YouTube.
A A A
JAKARTA - Alip Ba Ta disebut One Man Band lantaran bisa memainkan banyak instrumen secara bersamaan hanya dengan gitar. Kemampuan Alip Ba Ta ini berhasil memukau banyak orang dan bahkan sudah diakui para musisi dunia .

Salah satunya gitaris asal Amerika Serikat, Wave Potter yang juga seorang One Man Band. Bedanya, Alip Ba Ta memainkan setiap instrumen sendiri-sendiri dan teknik yang digunakannya sangat jernih.

"Teknik Alip Ba Ta mengetuk gitarnya ini cukup sulit dimainkan dengan pick gitar tapi dia mengetuknya. Setelah dipikir jangan tonton cover saya, memalukan setelah menonton ini karena saya hanya memainkan satu instrumen pada saat yang sama," kata Potter dikutip dari kanal YouTube Wave Potter, Selasa (5/10/2021).


Menurut Potter, Alip Ba Ta tak hanya memainkan bass dan melodi secara bersamaan tapi juga perkusi dan melodi vokal utama. Pria asal Ponorogo, Jawa Timur ini memiliki banyak gaya dan kreativitas dalam permainannya.

“Dia mampu menangkap esensi dari setiap bagian yang disatukan. Saya harus katakan betapa kreatifnya dia ketika menggabungkan aransemen lagu ini karena hanya punya 6 string untuk dimainkan dengan sebuah lagu serumit ini," jelas Potter.

"Saya sangat suka bagaimana dia mempunyai aksen drum di sana dan membuat perubahan kunci dengan indah. Ini merupakan bakat sejati dalam dirinya di mana dia benar benar menonjolkan keindahan melodi seperti yang saya katakan sebelumnya,” lanjutnya.


Hal senada juga diucapkan oleh seorang komposer musik dunia, James. Ia kagum melihat permainan Alip Ba Ta yang menghadirkan berbagai harmoni alat musik dalam satu kulikan permainan gitarnya.

“Mengagumkan, aku sangat suka karena ini adalah musik klasik style, base note, bersamaan dengan melodi yang bagus dan ketukan. Bagian favoritku ketika dia menekan senar di bagian kepala gitar,” puji James dikutip dari kanal YouTube The Decomposer World Music.

“Ini pola bermain gitar yang rumit, membuatku seperti harus menghafal betul polanya dengan cara di mana melodi tertanam dalam perubahan akord dan itu bukan hal yang mudah. Apalagi dengan lagu ini karena mempunyai pergantian akord tanpa henti sampai akhir," sambungnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)