BPOM Bocorkan Calon Vaksin Covid-19 yang Aman Bagi Anak

Kamis, 07 Oktober 2021 - 16:09 WIB
loading...
BPOM Bocorkan Calon Vaksin Covid-19 yang Aman Bagi Anak
BPOM Bocorkan Calon Vaksin Covid-19 yang Aman Bagi Anak. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada vaksin Covid-19 yang memenuhi standar untuk diberikan kepada anak di bawah umur 12 tahun. Alasannya sangat jelas, karena ini berkaitan dengan keamanan generasi suatu bangsa.

Meski demikian, sudah banyak permintaan anak-anak segera diberikan vaksin Covid-19, mengingat kelompok usia dibawah 12 tahun sudah kembali mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM).

"Kami masih menunggu data terkait dengan vaksin Covid-19 untuk anak-anak. Sudah ada beberapa platform vaksin yang diusulkan yaitu Sinopharm dan Sinovac," ungkap Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/10/2021).

Namun demikian, tegas Penny, pihaknya hingga saat ini kedua calon vaksin yang akan digunakan untuk anak itu hingga saat ini masih ada data-data yang perlu dilengkapi.



"Sinopharm sendiri sudah kami terima datanya (terkait pemberian vaksin untuk anak-anak). Segera (jika datanya sudah benar-benar lengkap) kami bisa memberikan izin penggunaan darurat (EUA)," ungkap Penny.

Menurut Penny, pemberian vaksin kelompok usia anak dibawah umur, membutuhkan perhatian ekstra karena mereka ini masuk dalam kategori kelompok rentan.

Vaksinasi bagi anak-anak sendiri, kata Penny, merupakan bagian dari target pemerintah dalam program vaksinasi Covid-19.

Namun, dikarenakan anak masuk dalam kelompok usia yang rentan, sehingga pengembangan, pengujian, dan evaluasi hasil uji klinik vaksin harus dilakukan dengan sangat hati-hati.



"Aspek keamanan jadi sangat penting, termasuk juga aspek imunogenisitas. Tapi, aspek keamanan pada vaksinasi anak-anak itu teramat penting, sehingga sekarang kami masih menunggu data lebih lengkap lagi," tambahnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)