Waspadai Gejala Diabetes Tipe 2 yang Muncul di Kelopak Mata

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 08:14 WIB
loading...
Waspadai Gejala Diabetes Tipe 2 yang Muncul di Kelopak Mata
Gejala diabetes tipe 2 bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk di kelopak mata. Namun, beberapa orang dengan diabetes tipe 2 tidak memiliki gejala jelas. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes tipe 2 bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk di kelopak mata . Namun, beberapa orang dengan diabetes tipe 2 tidak memiliki gejala yang jelas.

Biasanya kondisi tersebut hanya dapat diketahui selama pemeriksaan medis rutin. Tetapi mengenali gejala diabetes tipe 2 saat berkembang dapat membantu mendiagnosis kondisi dan mencegah komplikasi.

Diabetes dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh seseorang, termasuk kulit. Ketika diabetes mempengaruhi kulit, seringkali menandakan kadar gula darah tinggi , dan menjadi tanda diabetes atau pradiabetes.

Menurut American Academy of Dermatology, salah satu tanda yang harus diwaspadai pada kulit adalah bercak kuning bersisik pada atau di sekitar kelopak mata atau dikenal juga dengan xanthelasma.


Dilansir dari Express, Jumat (8/10/2021) xanthelasma dapat berkembang ketika seseorang memiliki kadar lemak tinggi dalam darah dan juga bisa menjadi tanda diabetes yang tidak terkontrol dengan baik.

Timbunan lemak kuning bersisik juga bisa muncul di leher, bahu, dan di sekitar ketiak. Dalam beberapa kasus, ini disebabkan oleh kecenderungan genetik untuk mengembangkan xanthelasma bersamaan dengan kolesterol tinggi.

Sementara itu, gejala lain dari diabetes tipe 2 mencakup buang air kecil lebih dari biasanya, terutama di malam hari, merasa haus sepanjang waktu, merasa sangat lelah, menurunkan berat badan tanpa berusaha, gatal di sekitar penis atau vagina.

Sariawan berulang kali, luka atau luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan penglihatan kabur juga gejala lain dari diabetes tipe 2.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)