Gejala Diabetes Tipe 2 di Leher yang Menandakan Kondisi Kronis

Kamis, 07 Oktober 2021 - 03:15 WIB
Gejala Diabetes Tipe 2 di Leher yang Menandakan Kondisi Kronis
Diabetes tipe 2 kondisi yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius sehingga mengenali gejalanya sangat penting. Salah satunya muncul di leher. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 kondisi yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius sehingga mengenali gejalanya sangat penting. Salah satu tanda peringatan dari kondisi tersebut dapat muncul di leher.

Kondisi ini dikenal juga dengan acanthosis nigricans. Acanthosis nigricans adalah kondisi kulit yang ditandai dengan area gelap, perubahan warna seperti beludru di lipatan tubuh.

"Kulit yang terkena bisa menjadi menebal. Paling sering, acanthosis nigricans mempengaruhi ketiak, selangkangan, dan leher Anda," jelas Mayo Clinic dilansir dari Express, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Gejala Diabetes Tipe 2 di Mata saat Masuk Ruangan Gelap

Perubahan kulit akibat acanthosis nigricans biasanya terjadi pada orang yang mengalami obesitas atau diabetes . Anak-anak yang mengembangkan kondisi tersebut berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.



Acanthosis nigricans kondisi kulit diabetes yang relatif umum, menurut Diabetes.co.uk. Selain penggelapan kulit di sekitar lipatan, biasanya di leher, ketiak, selangkangan dan persendian jari tangan atau kaki, kulit akan terasa kasar atau seperti beludru.

Kulit juga bisa gatal atau berbau. Acanthosis nigricans biasanya akan didiagnosis dengan pemeriksaan area kulit yang terkena. Tes darah, endoskopi atau rontgen mungkin diperlukan, namun, untuk mengetahui apakah penyebabnya karena diabetes atau kanker .

Baca Juga: Diabetes Tipe 2, Jus Delima Turunkan Gula Darah Tinggi dalam 15 Menit

Pada penderita diabetes , mengendalikan kadar gula darah dapat membantu mengurangi gejala kondisi tersebut.
(dra)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1716 seconds (10.101#12.26)