Kolesterol Tinggi Menyebabkan Rasa Sakit di 4 Bagian Tubuh Ini

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 11:10 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi Menyebabkan Rasa Sakit di 4 Bagian Tubuh Ini
Kolesterol tinggi akan menimbulkan gejala berupa rasa sakit di berbagai area tubuh. Biasanya rasa sakit muncul di empat bagian tubuh dan tidak boleh diabaikan. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi akan menimbulkan gejala berupa rasa sakit di berbagai area tubuh. Biasanya rasa sakit muncul di empat bagian tubuh yang bisa menjadi indikator risiko utama dan tidak boleh diabaikan.

Dilansir dari Express, Sabtu (9/10/2021) menurut Healthline, kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit arteri koroner. Di mana gejalanya berupa rasa sakit di salah satu bagian tubuh seperti leher, rahang, perut atas dan punggung.

Sebuah studi yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, menganalisis hubungan antara lipid serum dan nyeri punggung bawah. Penelitian ini melibatkan orang dewasa berusia antara 40 dan 64 tahun yang menjalani pemeriksaan kesehatan tahunan.

Sebanyak 258.367 peserta yang memenuhi syarat dianalisis untuk menyelidiki hubungan nyeri punggung bawah dengan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C), kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL-C), dan rasio LDL-C/HDL-C.


Studi ini menemukan bahwa rasio HDL-C rendah dan rasio LDL-C/HDL-C tinggi secara signifikan terkait dengan nyeri punggung bawah yang mengindikasikan kadar kolesterol tinggi.

Jika arteri yang memasok darah ke jantung Anda (arteri koroner) terpengaruh, Anda akan merasakan nyeri di bagian tubuh yang berbeda dan gejala penyakit arteri koroner lainnya.

Bagian tubuh lain yang mulai terasa sakit karena kadar kolesterol tinggi termasuk kaki dan tangan. "Penumpukan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan,” kata Medicover Hospitals.

Menurut Medicover Hospital, penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa sakit.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3030 seconds (0.1#10.140)